Perhitungan dmage dan experience dinamis berdasarkan kemampuan pemain menggunakan fuzzy inference system

Hariadi, Fajar (2015) Perhitungan dmage dan experience dinamis berdasarkan kemampuan pemain menggunakan fuzzy inference system. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of undergraduated thesis.pdf]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem perhitungan damage dan experience memiliki peranan penting
dalam game. Pada game RTS perhitungan damage digunakan sebagai acuan
tingkat kerusakan yang mampu diberikan pasukan ketika menyerang, dalam game
hal ini dicapai dengan mengurangi nilai health point unit yang diserang,
berdasarkan pengurangan nilai health point sebesar damage ini system mekanik
game mampu mengenali kapan sebuah bangunan hancur atau seorang pasukan
mati ketika diserang. Nilai experience menunjukkan tingkat kemahiran seorang
pemain dalam bermain game sehingga pemain yang sudah mahir tentunya
memiliki nilai experience yang lebih besar dari pemain amatir. Perhitungan
damage dan experience pada umumnya menggunakan logika tegas sehingga nilai
yang dihasilkan dalam game tidak realistis dan tidak dinamis. Oleh karena itu
sistem perhitungan damage dan experience menggunakan system inferensi fuzzy
ini dibuat untuk menciptakan sistem perhitungan damage dan experience yang
dinamis dan tampak realistis. Sistem perhitungan damage fuzzy terdiri dari dua
bagian utama yaitu nilai damage statis dan dinamis (±50% × nilai statis). Nilai
dinamis ini berubah-ubah sesuai nilai parameter health, range, selisih level dan
skor penyerangan sebelumnya. Sistem perhitungan experience juga bersifat
dinamis sesuai dengan seberapa efektif strategi yang digunakan. Strategi ini
direpresentasikan dengan nilai parameter selisih level, waktu penyerangan,
persentase bangunan hancur dan troop yang tersisa. Hasil pengujian yang
dilakukan sistem perhitungan fuzzy inference system mampu menurunkan atau
menaikkan nilai damage dan experience yang dihasilkan berdasarkan kondisi
troop, kondisi pemain dan strategi yang digunakan. Selain menggunakan fuzzy
inference system sistem perhitungan yang dinamis juga dapat dicapai
menggunakan persamaan linear. Sistem fuzzy inference system dan persamaan
linear memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pada beberapa kasus sistem
perhitungan fuzzy inference system memberikan hasil yang lebih baik.

======================================================================================================

Damage and experience are important in game. In RTS game, damage are
used to decrease health point of some unit when attacked. Experience is used to
see how good the player in game. Usually, damage and experience calculation are
using crisp logic. It make game feel static and unrealistic. Therefore damage and
experience calculation system created fuzzy inference system to make game more
realistic and dynamic. Fuzzy Inference System damage calculation consist of two
parts which are static damage and dynamic damage (±50% × static damage). This
dynamic value of damage can increase or decrease base on several parameters
(health, range, level differences, and the last score). Experience calculations also
dynamic base on strategy used to win the game. The value of strategy represented
by the level differences, attack duration, percentage of building destruction, and
how many troops left when the attack is over. The result show that damage and
experience calculation using fuzzy inference system are capable to make damage
game more dynamic and realistic. Alongside of fuzzy inference calculation system,
linear equation system also can make damage and experience calculation dynamic.
But both have a different characteristic but in some cases fuzzy inference system
are make better results.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 794.82 Har p
Uncontrolled Keywords: Fuzzy inference system
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:42
Last Modified: 02 Apr 2019 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62674

Actions (login required)

View Item View Item