Evaluasi Jalur Monorel Di Surabaya Dengan Menggunakan Metode Analisa Sistem Informasi Geografis

Dhyaksatama, Dikstra (2015) Evaluasi Jalur Monorel Di Surabaya Dengan Menggunakan Metode Analisa Sistem Informasi Geografis. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3511100031-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Monorel adalah transportasi massal yang akan direncanakan dibangun di kota Surabaya. Agar monorel ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan membawa keuntungan bagi penyelenggara monorel dan masyarakat Surabaya, maka jalur dan tempat pemberhentian monorel haruslah melewati daerah yang benar-benar membutuhkan moda transportasi tersebut. Penelitian ini menganalisis bagaimana tingkat efektivitas rencana jalur monorel yang akan dibangun di kota Surabaya dengan membuat rencana jalur monorel kota Surabaya dengan metode Sistem Informasi Geografis. Metode yang digunakan untuk mendapatkan rencana jalur monorel terbaik adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan pembobotan Pairwise Comparison. Peta yang digunakan berdasarkan tingkat kepentingannya dalam pengolahan ini adalah jalur transportasi eksisting, fungsi jalan, utilitas kota, land use eksisting, rencana pola ruang, kepadatan penduduk, lipatan lempeng. Peta-peta tersebut diolah untuk menghasilkan rencana jalur monorel kota Surabaya yang paling sesuai dan dibandingkan dengan rencana jalur monorel dari Bappeko Surabaya. Hasil penelitian ini adalah rencana jalur monorel kota Surabaya berdasarkan skor tertinggi pada penelitian ini sepanjang 27.898 kilometer. Ketika dibandingkan dengan jalur monorel rencana Bappeko, 53,208% atau 16.959 kilometer sesuai. Hal yang mengakibatkan perbedaan ini adalah jalur monorel rencana Bappeko melewati jalan lebih lebar, tempat-tempat iv tertentu dan wilayah ujung barat Surabaya dimana daerah tersebut mempunyai skor yang tidak cukup pada penelitian ini untuk dijadikan rencana jalur monorel. ========================================================================================================= Monorail is one of the mass transportation which planned to be build in the Surabaya city. In order to the monorail can be used well and bring benefits for both investors and society, so the monorail track and its stops must pass through areas that really need these transport modes. This research analyze how effective planned monorail track which to be built in Surabaya with making a new planned monorail track with Geographic Information System (GIS). This research used Simple Additive Weighting (SAW) method to get the best planned monorail track with Pairwise Comparison weighting. Maps which is used for this research according its importance level are existing public transportation map, road classification map, city utilities map, land use existing map, spatial patter plan map, people density map, and fold plates map. These maps processed to produce the best planned monorail track and then comparing it with existing planned monorail track by Surabaya’s Urban and Regional Planning Agency (Bappeko). The result of this research is the best planned monorail track has 27,898 kilometers long. When it compared with existing planned monorail track by Surabaya’s Urban and Regional Planning Agency (Bappeko), only 53,208% or 16.959 kilometers is the same. This happened because of existing planned monorail track went through wider road, several places, and west ends of Surabaya City which these areas have insufficient score on this research for become best planned monorail track.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSG 025.069 1 Dhy e
Uncontrolled Keywords: Monorel, Perencanaan, Sistem Informasi Geografis, Transportasi Massal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 May 2019 06:32
Last Modified: 06 May 2019 06:32
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62908

Actions (login required)

View Item View Item