Pengaruh Komunikasi, Karakter Individu, dan Pemahaman Tujuan dan Proses untuk Keberhasilan Desain Bangunan Gedung di Kota Surabaya

Listyaningsih, Diah (2019) Pengaruh Komunikasi, Karakter Individu, dan Pemahaman Tujuan dan Proses untuk Keberhasilan Desain Bangunan Gedung di Kota Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111750030011-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111750030011-Master_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proyek konstruksi tergantung pada suatu keberhasilan desain. Seluruh pendekatan sistem dalam perencanaan bangunan gedung mempertimbangkan hubungan yang sukses dari kedua masalah dan solusi sehingga dapat membantu menciptakan desain yang lebih berkelanjutan. Namun demikian, desainer sering menghadapi beberapa faktor yang mengurangi tingkat keberhasilan desain, yaitu model desain dan metode yang digunakan. Salah satu cara untuk mengelola masalah ini adalah dengan mengintegrasikan sistem desain dengan cara menggabungkan seluruh informasi maupun sistem untuk desain terbaik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh komunikasi, karakter individu, dan pemahaman tujuan dan proses sebagai bagian dari sistem desain terhadap kesuksesan desain bangunan gedung di Kota Surabaya. Bangunan gedung sebagai obyek studi adalah fungsi hunian atau residensial. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 37 responden dari beberapa konsultan desain yang terlibat dalam tahap desain bangunan di Surabaya. Selanjutnya, dilakukan pengukuran pengaruh komunikasi, pengaruh karakter individu dan pengaruh pemahaman tujuan dan proses terhadap kesuksesan desain dengan menggunakan metode regresi yang hasilnya diverifikasi dengan menggunakan wawancara.
Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya karakter individu berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan desain bangunan gedung di Kota Surabaya. Sedangkan, komunikasi dan pemahaman tujuan-proses tidak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan desain bangunan gedung di Kota Surabaya.
Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku desain terutama dalam meningkatkan kepedulian para pelaku desain tentang penggunaan konsep green dan juga sikap serta fokus pelaku desain dalam menyelesaikan masalah (indikator dari variabel karakter individu) agar keberhasilan desain semakin meningkat.
================================================================================================
The success of a construction project depends on a successful design. The entire system approach in planning building design properties considers the successful relationships of both problems and solutions so that they can help to create more sustainable designs. However, designers face several factors that reduce the success rate of the design, that are the design model and the method used. One of the ways to manage this problem is combining all information and systems for the best design.
This study analyzes the influence of communication, individual characteristics, and understanding of design goals and processes to the successful design of building design. Data collected by distributing questionnaires to 37 respondents from design consultants in Surabaya who involved in building design. Furthermore, a regression analysis is conducted to analyze the effect of independent variables on the dependent variable. The result is verified by interview.
The results of the analysis found that only individual characters have a significant effect on success design of building in Surabaya. Communication and understanding of design goal and process do not significantly effect the successful design. The findings of this study are expected to give more benefits for design actors about the use of the green concept and focus to solve the problem (individual character’s variables), so the successful design will be increased.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 658.404 Lis p-1 2019
Uncontrolled Keywords: keberhasilan desain, karakter individu, komunikasi, pemahaman proses dan tujuan, bangunan gedung
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Diah Listyaningsih
Date Deposited: 23 May 2022 05:05
Last Modified: 23 May 2022 05:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62965

Actions (login required)

View Item View Item