Sistem Navigasi Pada Balon Udara Menggunakan GPS Dan Kontrol Logika Fuzzy

Kurniawan, Dimas Arief Rahman (2016) Sistem Navigasi Pada Balon Udara Menggunakan GPS Dan Kontrol Logika Fuzzy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212100171-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sistem navigasi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) untuk keperluan pemantauan dan eksplorasi semakin meningkat. Jenis UAV yang sering digunakan untuk keperluan ini adalah quadcopter dan pesawat fixed wing. Quadcopter memiliki bentuk yang ringkas sehingga dapat terbang di tempat yang sempit dan kecil. Sedangkan pesawat fixed wing sering digunakan untuk pemetaan area yang luas. Namun penggunaan kedua wahana tersebut kurang cocok untuk keperluan pemantauan dan eksplorasi. Quadcopter memiliki jangka terbang dan jarak tempuh yang pendek. Pesawat fixed wing dapat terbang dengan jarak tempuh yang panjang, namun mempunyai kecepatan terbang yang tinggi. Salah satu pilihan UAV alternatif untuk keperluan pemantauan dan eksplorasi adalah balon udara. Balon udara sangat cocok digunakan untuk aplikasi ekplorasi dalam kecepatan dan ketinggian yang rendah. Gaya angkat balon udara menggunakan gas helium, sehingga balon udara dapat terbang lebih lama dan dengan jarak yang jauh. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini merancang dan merealisasikan sistem navigasi balon udara menggunakan GPS (Global Posistioning System) dan kompas sehingga balon udara dapat melakukan navigasi secara otomatis menuju waypoint. Dengan sistem navigasi otomatis, balon udara dapat melakukan pemantauan dan eksplorasi tanpa bantuan operator. Sistem ini menggunakan sensor GPS berbasis GNSS (Global Navigation Satellite System) untuk mengetahui posisi, sensor kompas berbasis IMU (Inertial Measurement Unit) untuk mengetahui arah, dan kontrol logika fuzzy sebagai pengatur kecepatan motor kemudi untuk pergerakan balon. Pada metode ini, akurasi dari sensor GNSS berkisar antara 9,5 sampai 20 meter. Galat maksimum dari kompas dengan kompensasi kemiringan adalah 7%. Terjadi osilasi pada arah Utara dengan simpangan berkisar antara 50-90 derajat dan arah Barat dengan simpangan sebesar 20-50 derajat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 191 Kur s
Uncontrolled Keywords: Balon udara, GPS, Kompas, Navigasi, Waypoint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G109.5 Global Positioning System
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:36
Last Modified: 17 Jun 2019 07:36
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/63136

Actions (login required)

View Item View Item