Sistem Pencatat Dan Pelaporan Downtime Pada Area Conveyor Menggunakan Arduino Dengan Komunikasi Wifi Di PT. JATIM AUTOCOMP INDONESIA

Jabar Waskito, Lugas (2019) Sistem Pencatat Dan Pelaporan Downtime Pada Area Conveyor Menggunakan Arduino Dengan Komunikasi Wifi Di PT. JATIM AUTOCOMP INDONESIA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of BUKU TA Lugas.pdf]
Preview
Text
BUKU TA Lugas.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di PT. Jatim Autocomp Indonesia dalam pencatatan downtime menggunakan sistem manual yaitu dengan menggunakan stopwatch untuk menghitung lama waktunya downtime dan dicatat di papan laporan yang ada didekat conveyor dan ditulis tiap 2 jam sekali. Dengan sistem manual tersebut membuat kerja GL (Group Leader) menjadi kewalahan dan akan mempengaruhi hasil produksi wire harness dan hal ini diperlukannya sistem dan pencatat laporan downtime agar mempermudah GL (Group Leader) dan Supervisor dalam mencatat dan memantau waktu downtime di conveyor
Maka dari itu pada Proyek Akhir ini dibuatlah sistem pencatat dan pelaporan downtime di area conveyor. Dengan dibentuknya sistem ini dapat mempermudah kerja GL (Group Leader) dan Supervisor dalam memantau waktu downtime pada conveyor. Metode yang digunakan untuk mendapatkan waktu selama downtime yaitu dengan cara menghitung selisih anatara waktu selesai downtime dikurangi dengan waktu pertama mengalami downtime. Data yang didapat akan dikelola oleh Arduino Mega dan akan ditampilkan dalam database pada web.
Setelah dilakukan pengujian, hasil dari pengujian menunjukan bahwa kecepatan dalam mencatat waktu downtime lebih cepat dari biasanya, yang biasanya mencatat tiap 2 jam sekali sekarangan hanya 5 Detik dalam pengiriman data ke web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSEO 621.384 Was s-1 2019
Uncontrolled Keywords: Data logger, Downtime Area Conveyor, PT. Jatim Autocomp Indonesia, localhost,
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK105.8883 Web authoring software (include web server)
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Lugas Jabar Waskito
Date Deposited: 20 Apr 2021 09:18
Last Modified: 23 Apr 2021 03:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70134

Actions (login required)

View Item View Item