Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Turen-Bts. Kab. Lumajang STA 0+000-3+000 Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Di Kab. Malang, Jawa Timur

Hadiyatullah, Moh. and Nufa, Barry (2015) Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Turen-Bts. Kab. Lumajang STA 0+000-3+000 Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Di Kab. Malang, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112030082-Non Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proyek peningkatan jalan Turen – Bts. Kab Lumajang ini merupakan proyek pembangunan yang bertujuan untuk memberikan tingkat pelayanan yang lebih baik karena tingkat pertumbuhan kendaraan yang cukup tinggi serta meningkatkan pertumbuhan pada sektor pertambangan karena ruas jalan Turen – Bts. Kab. Lumajang merupakan jalan yang biasanya sering dilewati oleh kendaraan yang membawa material bahan bangunan yang berasal dari kaki gunung Semeru. Agar dapat terwujudnya kelancaran dan kenyamanan dalam berlalu lintas maka direncanakan proyek peningkatan jalan Turen – Bts. Kab. Lumajang KM 23+000 – KM 26+000 Perencanaan peningkatan jalan ini direncanakan menggunakan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement). Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini diantaranya adalah analisa kapasitas jalan dengan iv menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perhitungan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003), kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Perencanaan Geometrik Jalan, Perencanaan Drainase dengan metode SNI 03-342-1994, dan perencanaan anggaran biaya menggunakan buku petunjuk teknis Harga Satuan Pokok (HSPK) 2014. Dari hasil perhitungan derajat kejenuhan untuk perencanaan peningkatan jalan Turen – Bts. Kab. Lumajang dengan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) yang dilakukan pada awal tahun rencana 2017 dengan umur rencana 20 tahun, didapatkan hasil untuk lebar jalan rencana selebar 12 m. Tebal untuk perkerasan kaku diperoleh 20 cm dengan beton K-400 serta pondasi bawah dengan Agregat B setebal 20cm. Hasil analisa kontrol geometrik jalan yang dilakukan tidak terdapat perubahan geometrik jalan pada ruas jalan ini. Perencanaan saluran tepi drainase menggunakan bentuk trapesium dengan dimensi b = 0,6 m, d = 0,8 m dan w = 0,63 m. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek ini adalah sebesar Rp. 32.993.324.713 (terbilang Tiga Puluh Dua Milyar Sembilan Ratus Sembilan Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Dua Puluh Empat Ribu Tujuh Ratus Tiga Belas Rupiah) =========================================================================================================== Road improvement project Turen – Lumajang Districk is a devolepment project wich has purpose to Ice better service standar due to level of transportation development is high and to incrase Development of mine sector since roads of Turen – Lumajang district is usually passed by vehicle carrying building material from foot of Mount Semeru. In order to realis smooth and comfort in road of Turen – Lumajang District, Malang Sta 0+000 – 3+000.. Planning of road improvement si planned by pusing a rigid pavement structure. The method used in the planning of this road include road capacity analysis using Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, the calculation of rigid pavement thickness by using the Planning Guidlines vi Cement Concrete Pavement Road (Pd-T 14-2003). Geometric Control path by using Geometric Roads Planning. Drainage planning by SNI 03-042-1994 method, and the budget plan by using Technical Manuals Principal Activities Unit Price (HSPK) 2014. From the calculated incrase Ni road planning Turen – Lumajang road widenning carried out early 2017 the Panin accordance Alt PP 34 year 2006 for the primarry collector condition in a 5m wide road by road the changes krom 2/2 UD into 4/2 UD with 12m road width. Rigid pavement tichkness of 20cm is obtained with K-400 and the concrete foundation or called agregat B as thick as 20cm. Edge of the channel planning of drainage by using a trapezodial shape with dimensions b = 0.5 m, d = 0. 8 m and w = 0.6 m. Costs requied for the contruction of this Prospect is Rp. 32.993.324.713 (in words Threety Two Billion Nine Hundred Ninety Three MIllion Three Hundred Twenty Four thousands Seven hundred Threeteen Rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Had p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Beton Semen, Tebal Perkerasan, Geometrik, Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:49
Last Modified: 02 Oct 2019 06:49
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/70953

Actions (login required)

View Item View Item