Analisis Pengaruh Promotion Mix Produk Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Regional V Jawa Timur Terhadap Keputusan Pembelian

Devika, Mutiara (2015) Analisis Pengaruh Promotion Mix Produk Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Regional V Jawa Timur Terhadap Keputusan Pembelian. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2511101008-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. merupakan satu-satunya perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi di Indonesia. Salah satu produk fixed broadband dari Telkom adalah produk IndiHome. IndiHome terdiri dari telepon rumah, internet (Speedy) dan TV kabel (USeeTV). Surabaya termasuk dalam wilayah attack yang menandakan persaingan yang terjadi sangat tinggi. Persaingan yang sangat ketat ini mengakibatkan setiap perusahaan harus mengoptimalkan sistem pemasaran yang dilakukan. Saat ini, target pelanggan IndiHome masih belum tercapai. Salah satu upaya adalah meningkatkan efektifitas komunikasi pemasaran yang saat ini telah dilakukan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh promotion mix IndiHome terhadap keputusan pembelian serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan Crosstab. Regresi Linier Berganda digunakan untuk melihat pengaruh promotion mix terhadap keputusan pembelian secara keseluruhan dan parsial. Crosstab digunakan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil dari penelitian adalah terdapat pengaruh signifikan dari promotion mix secara keseluruhan terhadap keputusan pembelian IndiHome dari perspektif konsumen IndiHome dan konsumen kompetitor. Variabel promotion mix yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah periklanan dan pemasaran langsung untuk perspektif konsumen IndiHome dan promosi penjualan untuk perspektif konsumen kompetitor IndiHome. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah pendapatan dan pendidikan terakhir. ====================================================================================================== PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. is the only government-based telecommunication services in Indonesia. One of the fixed broadband product from Telkom is IndiHome. This program consists of house phone service, internet service (Speedy), and cable TV (USeeTV). Surabaya is in the attack area, which means a very tight competition is happening. This very tight competition resulted in every company, so they must optimize the marketing system they had applied. Currently, the customers target of IndiHome still not been achieved. One of the effort is to improve the effectiveness of marketing communications that has been done. Therefore, research’s done to look at the influence of IndiHome’s promotion mix towards buying decision and factors that affect buying decision. The method used in this research are Multiple Linear Regression and Crosstab. The Multiple Linear Regression is used to see the influence of promotion mix towards buying decision, partially and in all. Crosstab isused to see the factors that affect buying decision. The result of this research is that there is significant influence towards IndiHome buying decision from IndiHome consumer’s perspective and also from competitors consumer’s perspective. The promotion mix variable that affected buying decision are advertising and direct marketing for IndiHome’s consumer perspective and sales promotion for consumer perspective of IndiHome’s competitors. Factors that affect the buying decision are incomes and last education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.82 Dev a
Uncontrolled Keywords: Home automation, promotion mix, keputusan pembelian, regresi linier berganda, crosstab.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.2 Personel Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 04 Oct 2019 07:10
Last Modified: 04 Oct 2019 07:10
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/70993

Actions (login required)

View Item View Item