Rancang Bangun Kecerdasan Buatan Adaptif Pada Permainan Turn-Based Strategy Advance Wars

Hakim, Muhammad Arif Rohman (2015) Rancang Bangun Kecerdasan Buatan Adaptif Pada Permainan Turn-Based Strategy Advance Wars. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5111100099-Undergradaute Thesis.pdf]
Preview
Text
5111100099-Undergradaute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan kecerdasan buatan telah dilakukan di berbagai bidang, salah satunya pada dunia permainan video komersial. Namun, kecerdasan buatan yang kebanyakan digunakan masih berupa kecerdasan buatan yang statis, antara terlalu sulit atau terlalu mudah. Hal ini dapat berakibat menurunnya minat pemain untuk memainkan permainan tersebut, sehingga berimbas pada menurunnya daya jual permainan tersebut di pasar.
Pada tugas akhir ini, penulis akan merancang dan membangun sebuah permainan strategi berbasis giliran (turn-based strategy) di mana sebuah kecerdasan buatan adaptif dengan implementasi fungsi evaluasi, yaitu fungsi yang dapat menghitung dan mengevaluasi setiap gerakan pemain terhadap keadaan permainan saat itu, digunakan untuk memainkan permainan ini. Kecerdasan buatan ini juga dapat diubah tingkat kesulitannya.
Dari hasil pengujian, kecerdasan buatan yang dibangun mampu bermain melawan pemain manusia dan kecerdasan buatan lain sesuai dengan tingkat kesulitannya.
======================================================================================================
The application of artificial intelligence had been used in various field, one of those fied was commercial video games. However, the majority of artificial intelligences used in those video games are still static artificial intelligences, which either too hard or too easy. This can cause the decline of player's desire to replay the game, which can impact the game's sales in market.
In this final project, the author will design and develop a turn-based strategy game where an adaptive artificial intelligence with the implementation of evaluation function, a function that can calculate dan evaluate every player’s movement against current game condition, used to play this game. This artificial intelligence’s diffculty also can be changed.
From the test results, the developed artificial intelligence can play against human player and other artificial intelligence based on its difficulty setting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.3 Hak r
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Buatan, Kecerdasan Buatan Adaptif, Permainan Strategi Berbasis Giliran, Permainan Video, Fungsi Evaluasi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 07 Oct 2019 01:24
Last Modified: 07 Oct 2019 01:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71005

Actions (login required)

View Item View Item