Analisa Kemungkinan Penggunaan Poros Berongga Pada KM. Mamiri

Sulistio, Iwan (1996) Analisa Kemungkinan Penggunaan Poros Berongga Pada KM. Mamiri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4894200217-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sejak lama, manusta selalu mencari altematif-altematif lain yang bertujuan tmtuk mengurangi pemakaian material atau dengan kata lain pemakaian material se-sedikit mwtgkin, namwt masih dapat dimanfaatkan wttUk pemakaian yang optimal. Pada penulisan ka1i ini, penulis mencoba wttuk lebih memperjelas . pemyataan tersebut diatas dengan jalan mengubah bentuk poros propeller yang pejal pada KM. Mamiri menjadi bentuk poros propeller yang berongga. Penulis mengungkapkan beberapa alternatif bentuk pOI os berongga tersebut sebanyak 3 bentuk, yaitu: 1. Bentuk poros berongga dengan luasan penampang poros yang sama dengan luasan penampang poros pejal. Hal ini disebabkan karena poros berongga tersebut hanya ingin dapat menahan gaya-gaya yang bekerja (gaya Thrust dan gaya Torsi). Cara ini ialah cara yang sederhana namwt tidak dapat mengurangi pemakaian material. 2. Bentuk poros berongga dengan memakai jenis material yang berbeda/ lebih kuat dari jenis material poros pejal. Hal ini disebabkan agar poros berongga dengan luasan penampang yang lebih kecil dari luasan penampang poros pejal dapat menahan gaya-gaya yang bekerja (gaya Thrust dan gaya Torsi). Cara ini ialah cara yang lebih maju sebab cara ini dapat mengurangi pemakaian material namtm pengurangan ini terimbangi dengan digantinya jenis material poros pejal dengan jenis material yang lebih kuat, tentunya dari segt ekonomis tidak memenuhi. 3. Bentuk poros berongga dengan menambahkan fluida didalamnnya. Cara ini ialah yang paling baik dari ketiga cara di atas, sebab selain pemakaian material dapat dikurangi, jenis material tidak perlu diganti, poros berongga ini masih dapat menahan gaya-gaya yang beketja (gaya Thrust dan gaya Torsi). Sebagai contoh: jika diperlukan poros propeller yang ringan dan tidak mahal maka pemakaian poros berongga merupakan altematif terbaik, hal ini dikarenakan penggunaan material yang sedikit (untuk jenis material yang mahal) sebab berongga dan berisi fluida sehingga menurunkan juga berat dari poros terse but. Namun penulisan ini hanya sebagai langkah awal dalam mencari alternatif yang lainnya lagi, karena hal itu memerlukan pemikiran yang lebih Ian jut dan waktu yang lebih lama serta dana yang tidak sedikit. Biarlah melalui tulisan ini dapat menjadi motivasi generasi muda untuk mencari terobosan-terobosan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.873 Sul a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:25
Last Modified: 14 Oct 2019 08:25
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71165

Actions (login required)

View Item View Item