Perencanaan turap / retaining wall pembangunan jalan tol Gempol - Pandaan STA 6+518 s.d. 6+575

Diputra, Marbono Widya (2016) Perencanaan turap / retaining wall pembangunan jalan tol Gempol - Pandaan STA 6+518 s.d. 6+575. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114105006-paperpdf.pdf]
Preview
Text
3114105006-paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3114105006-undergraduate theses.pdf]
Preview
Text
3114105006-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3114105006-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
3114105006-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang bertujuan
untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke
tempat lain. Salah satunya di Jawa Timur yaitu dilakukan
pembangunan jalan Tol Pandaan – Gempol sebagai kelanjutan
dari ruas jalan Tol Surabaya – Porong dan Porong – Gempol yang
akan terhubung dengan jalan Tol Pandaan – Malang. Jalan tol
Gempol - Pandaan ini merupakan ruas jalan tol yang
menghubungkan Surabaya dan Malang.
Pada stasioning Sta 6+518 s/d 5+575 terdapat galian sedalam
18 meter dengan desain lereng bersusun pada samping badan
jalan untuk menghidari kelongsoran. Namun pada salah satu sisi
jalan desain lereng bersusun tidak dapat dilakukan karena
terbatasnya lahan akibat adanya bangunan eksisting milik pabrik
kaca. Karena pembebasan lahan milik pabrik kaca terlalu mahal,
maka pada sisi ini digunakan galian tegak. Dalam perencanaan
ini, direnanakan suatu kontruksi yang mempunyai fungsi sebagai
perkuatan untuk menahan tanah galian tegak sedalam 18 m dari
kelongsoran yang efektif dan ekonomis. Ada dua macam analisa
pada perencanaan perkuatan tanah ini yaitu perencanaan
perkuatan dengan mengguakan data tanah sesuai kondisi aslinya
dan perencanaan perkuatan menggunakan data tanah yang
dianggap sebagai pasir (behaving like sand). Hal ini dikarenakan
pada lokasi yang tidak jauh dari pabrik terjadi kelongsoran
walaupun tanah disekitar lokasi tersebut relatif padat/ keras.
Dari hasil perhitungan perkuatan menggunakan data tanah
behaving like sand menghasilkan dimensi perkuatan yang lebih
besar bila dibandingkan dengan menggunakan data tanah asli.
Pada turap kantilever dimensi yang didapatkan untuk perkuatan
menggunakan Stee Pipe Pile yaitu 0,8 m dengan panjang total 26
m untuk kondisi tanah asli dan 1,1 m dengan panjang total 32 m
untuk kondisi behaving like sand. Sedangkan turap yang
dikombinasikan dengan ground anchor didapatkan dimensi bored
pile 0,7 m dengan panjang total 16 m untuk kondisi tanah asli dan
0,9 m dengan panjang total 20 m untuk kondisi behaving like sand..
Pemasangan subdrain diletakkan dibelakang turap agar lereng
tetap daam kondisi kering. ========== Highway is a freeway that aims to shorten the distance and
time from one place to another. One of them is in Jawa Timur (East
Java), Pandaan - Gempol Highway built as a continuation of
Surabaya - Porong Highway and Porong - Gempol Highway which
will be connected with Pandaan - Malang Highway. Gempol -
Pandaan Highway is a toll roads which connecting Surabaya and
Malang.
In Sta 6 + 518 to Sta 5 + 575, there is an excavation with deep
about 18 meters with counterweigh slope design on the roadside in
order to avoid sliding. But on the one segment of the roads, the
counterweigh slope design could not be implemented because of
the limited space due to existing building of glass factory which is
located here. Due to the high over cost for the acquisition of glass
factory , then the un-slope cutting method will be implement on this
location there need to design the reinforcement method which has
a effective function and economic.. There are two types of analysis
on this soil reinforcement design, which are reinforcement design
using soil based on laboratory and reinforcement design using soil
data that is considered as the sand (behaving like sand). This
analyasis is used because soil sliding happened at a site located
not far from the factory although the soil is relatively hard
concistency.
The result show that reinforcement dimension using behaving
like sand data is larger than using soil data based on laboratory
viii
test. On cantilever sheet pile, the dimensions obtained for
reinforcement using Stee Pipe Pile is 0.8 m with a total length of
26 m for the original soil conditions and 1.1 m with a total length
of 32 m for the condition of behaving like sand. While the
dimension of bored pile which is combined from both sheet pile and
ground anchor is 0.7 m with a total length of 16 m for the original
soil conditions and 0.9 m with a total length of 20 m for the
condition of behaving like sand. The subdrain is placed behind the
sheet pile in order to make the slopes remain in dry conditions

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.164 Dip p 3100016066285
Uncontrolled Keywords: Galian, Turap, Retaining Wall, Stabilitas Lereng, Behaving Like Sand, Sheet Pile, Subdrain, Plaxis, Cut, Sheet pile, Retaining Wall, Slope Stability, Behaving Like Sand, Subdrain, Plaxis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA760+ Retaining walls
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 11 Nov 2019 06:50
Last Modified: 11 Nov 2019 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71463

Actions (login required)

View Item View Item