Kajian Eksperimental Dan Numeris Hambatan Kapal Crew Boat `Orela` Dengan Dan Tanpa Menggunakan Foil Belakang

Hidayat, Affan (2016) Kajian Eksperimental Dan Numeris Hambatan Kapal Crew Boat `Orela` Dengan Dan Tanpa Menggunakan Foil Belakang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4112100036-paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112100036-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112100036-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (2MB) | Preview

Abstract

Operasional dari kapal crew boat banyak digunakan sebagai keperluan logistik di daerah lepas pantai. Dengan mempertimbangkan kecepatan, waktu tempuh, dan bahan bakar kapal crew boat untuk dapat mengantar atau menjemput pekerja lepas pantai, dan keperluan logistik lainnya, maka penambahan foil belakang pada kapal crew boat dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan performa kapal. Tujuan dari pemasangan foil belakang adalah memperkecil luas permukaan kapal yang tercelup di dalam air akibat adanya gaya angkat foil ketika kecepatan ditambahkan sehingga dapat memperkecil hambatan kapal. Untuk mendapatkan tipe foil belakang yang optimum, maka dilakukan variasi aspek rasio dan sudut serang dari variasi tipe NACA. Dari simulasi kekentalan murni mendapatkan tipe NACA untuk foil belakang adalah NACA 64A212 aspek rasio 6,67 dan sudut serang 20 dengan lift force/drag force tertinggi yaitu 29,67; dan untuk strut adalah NACA 0010 dengan drag coefisien yang paling minimum yaitu 0,0091. Dari pengujian hambatan di towing tank (eksperimen) dan simulasi free surface (numerik) menggunakan aplikasi CFD (Computational Fluid Dynamics) didapatkan nilai hambatan total kapal. Pengaruh penambahan foil belakang pada Kapal Orela adalah pada froude number 0.36 (kecepatan 14 knots) dapat menambah hambatan total kapal sebesar 14,5% (eksperimen) dan 16,1% (numerik); hambatan terus berkurang dengan bertambahnya kecepatan kapal; dan pada froude number 0.57 (kecepatan 22 knots) dapat mengurangi hambatan total yaitu sebesar 5.2% (eksperimen), dan 8.4% (numerik); serta pada froude number 0.62 (kecepatan 24 knots) yaitu sebesar 3.3% (eksperimen), dan 7.1% (numerik). Kemudian pada kecepatan dinas kapal yaitu pada kecepatan 28 knots (froude number 0,73) pengurangan hambatan semakin besar yaitu 10% (numerik). ========== Crew boat is operationally often used as offshore logistic purposes. In considering of speed, travel time, fuel needed to deliver or pick up offshore workers, and other logistic utilities, installation of stern foil on crew boat can be an alternative to improve ship’s performance. The purpose of the stern foil installation is to reduce ship’s surface area that submerged in the water due to the lifting force of the foil when the speed is increased so that the constraints of the ship can be minimized. Then varying the aspect ratio and angle of attack from NACA type variety in order to obtain an optimum stern foil type. Full viscous simulation resulting in NACA stern foil type, it is NACA 64A212 at 6.67 aspect ratio and at 20 angle of attack with an optimum lift force / drag force of 29.67; and for the strut is NACA 0010 with minimum drag coefficient of 0.0091. The total resistance of ship is obtainable from resistance test in towing tank (experiment) and free surface simulation (numeric) using CFD (Computational Fluid Dynamics). The effect of stern foil installation on ship is at froude number 0,36 (speed 14 knots) can increase total resistance of ship at 14.5% (experiment) and 16.1% (numeric); resistance is continue to decreasing due to increased speed; and at froude number 0.57 (speed of 22 knots) can reduce the total resistance equal to 5.2% (experiment), and 8.4% (numeric); and at froude number 0.62 (speed of 24 knots) is equal to 3.3% (experiment), and 7.1% (numeric). Then at ship’s service speed which is 28 knots (froude number 0,73), the resistance reduction is 10% (numeric).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 Hid k 3100017068728
Uncontrolled Keywords: Crew Boat, CFD (Computational Fluid Dynamics), eksperimental, foil belakang, hambatan total, Crew boat, CFD (Computational Fluid Dynamics), experiment, stern foil (hull vane), total resistance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:52
Last Modified: 19 Nov 2019 08:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71775

Actions (login required)

View Item View Item