Analisis pergerakan aset transportasi pada depo peti kemas (studi kasus : PT. X)

Pinondang, Chrisman (2015) Analisis pergerakan aset transportasi pada depo peti kemas (studi kasus : PT. X). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2511100187_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2511100187_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Depo peti kemas merupakan kegiatan usaha yang meliputi penyimpanan,
penumpukan, serta kegiatan sekunder lain dalam pengiriman barang pada jalur
laut. Bentuk usaha pada sektor inland waterways transport memiliki peranan
penting dalam pengiriman barang melalui jalur laut. Bentuk usaha ini dapat
mengamati ketidakpastian pada karakteristik permintaan terhadap skedul yang
ada, sehingga antrian pada dermaga dapat direduksi. Analisis terhadap
penggunaan aset transportasi dibutuhkan untuk dapat mengefisiensikan kerja pada
depo peti kemas. Analisis dilakukan untuk mendapatkan skenario terbaik dalam
jangka kerja satu bulan kedepan pada sistem kerja depo peti kemas. Oleh karena
itu, model simulasi kejadian diskret digunakan untuk memodelkan proses kerja
pada depo peti kemas. Perbaikan yang dilakukan akan diukur berdasarkan service
level dari waktu proses yang diberikan. Namun, penambahan service level akan
kembali merubah inputan dari permintaan terhadap model simulasi yang dibangun
pada periode berikutnya sehingga harus dilakukan analisis kembali dengan
menggunakan model service sensitive demand. Analisis perbaikan pada model
dilakukan dengan mengamati perubahan service level dalam jangka waktu satu
minggu. Selanjutnya, model perbaikan akan dibandingkan dengan kinerja
eksisting bulanan.
=================================================================================
Container depot is a business activity consist of storage, hoarding, and
other secondary shipping activity in waterways transportation. The form of the
business in inland waterways transport sector has an important role on the
shipping waterways activity. The form can observe uncertainty on the demand
characteristics of the existing schedule, so the queues at the pier can be reduced.
Analysis of the transportation assets utilization is needed to streamline process at
the container depot. Analysis is performed to obtain best scenario within next onemonth
period at container depot system. Therefore, discrete event simulation are
used to model the working process at container depot. Improvements will be
measured based on the service level of the given processing time. However, the
addition of value of service level will provide feedback loop to change the input
of the demand on simulation model at the next period, so it should be re-analyzed
using service-sensitive demand. Analysis of improvement on the model performed
by measuring service level at one-week period. Then, improved model will be
compared with the existing system monthly performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.87 Pin a
Uncontrolled Keywords: Inland Waterways Transport, Simulasi Kejadian Diskret, Service- Sensitive Demand
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 21 Nov 2019 05:13
Last Modified: 21 Nov 2019 05:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71939

Actions (login required)

View Item View Item