Analisis pergerakan aset transportasi pada depo peti kemas (studi kasus : PT. X)

Pinondang, Chrisman (2015) Analisis pergerakan aset transportasi pada depo peti kemas (studi kasus : PT. X). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2511100187_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Depo peti kemas merupakan kegiatan usaha yang meliputi penyimpanan, penumpukan, serta kegiatan sekunder lain dalam pengiriman barang pada jalur laut. Bentuk usaha pada sektor inland waterways transport memiliki peranan penting dalam pengiriman barang melalui jalur laut. Bentuk usaha ini dapat mengamati ketidakpastian pada karakteristik permintaan terhadap skedul yang ada, sehingga antrian pada dermaga dapat direduksi. Analisis terhadap penggunaan aset transportasi dibutuhkan untuk dapat mengefisiensikan kerja pada depo peti kemas. Analisis dilakukan untuk mendapatkan skenario terbaik dalam jangka kerja satu bulan kedepan pada sistem kerja depo peti kemas. Oleh karena itu, model simulasi kejadian diskret digunakan untuk memodelkan proses kerja pada depo peti kemas. Perbaikan yang dilakukan akan diukur berdasarkan service level dari waktu proses yang diberikan. Namun, penambahan service level akan kembali merubah inputan dari permintaan terhadap model simulasi yang dibangun pada periode berikutnya sehingga harus dilakukan analisis kembali dengan menggunakan model service sensitive demand. Analisis perbaikan pada model dilakukan dengan mengamati perubahan service level dalam jangka waktu satu minggu. Selanjutnya, model perbaikan akan dibandingkan dengan kinerja eksisting bulanan. ================================================================================= Container depot is a business activity consist of storage, hoarding, and other secondary shipping activity in waterways transportation. The form of the business in inland waterways transport sector has an important role on the shipping waterways activity. The form can observe uncertainty on the demand characteristics of the existing schedule, so the queues at the pier can be reduced. Analysis of the transportation assets utilization is needed to streamline process at the container depot. Analysis is performed to obtain best scenario within next onemonth period at container depot system. Therefore, discrete event simulation are used to model the working process at container depot. Improvements will be measured based on the service level of the given processing time. However, the addition of value of service level will provide feedback loop to change the input of the demand on simulation model at the next period, so it should be re-analyzed using service-sensitive demand. Analysis of improvement on the model performed by measuring service level at one-week period. Then, improved model will be compared with the existing system monthly performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.87 Pin a
Uncontrolled Keywords: Inland Waterways Transport, Simulasi Kejadian Diskret, Service- Sensitive Demand
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 21 Nov 2019 05:13
Last Modified: 21 Nov 2019 05:13
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/71939

Actions (login required)

View Item View Item