Simulasi gatecycle pengaruh gasifikasi boiler dari marine fuel oil menjadi bahan bakar gas terhadap performa pembangkit listrik tenaga uap 50 MW UBP Perak : (studi kasus PLTU PT. Indonesia Power Perak, Surabaya)

Taqriri, Faizal Hafiz (2015) Simulasi gatecycle pengaruh gasifikasi boiler dari marine fuel oil menjadi bahan bakar gas terhadap performa pembangkit listrik tenaga uap 50 MW UBP Perak : (studi kasus PLTU PT. Indonesia Power Perak, Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2110100019-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) merupakan pembangkit listrik yang paling banyak berkontribusi dalam penyediaan energi dalam bentuk listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Uap pada umumnya menggunakan bahan bakar batu bara atau minyak. Namun harga bahan bakar batu bara dan minyak yang kian melonjak menyebabkan pembengkakan nominal biaya operasi PLTU itu sendiri. Marine Fuel Oil (MFO) sebagai bahan bakar yang selama ini digunakan boiler pada PLTU UBP Perak dirasa kurang efisien dalam penggunaannya, sedangkan Bahan Bakar Gas dengan harga yang lebih rendah dibanding Marine Fuel Oil, memiliki Low Heating Value (LHV) yang lebih tinggi. Selain itu, Bahan Bakar Gas memiliki ukuran partikel yang lebih kecil dibandingkan dengan partikel Marine Fuel Oil, semakin kecil partikel bahan bakar, maka proses terbakarnya bahan bakar semakin cepat, Bahan Bakar Gas menghasilkan gas emisi polutan sisa pembakaran yang bersih dari SO2 dan SO3. Pada tugas akhir ini akan dicari bagaimana pengaruh variasi bahan bakar Marine Fuel Oil dan Bahan Bakar Gas dengan perubahan pembebanan terhadap performa pembangkit listrik. Analisa yang digunakan pada tugas akhir ini menggunakan analisa termodinamika, ASME PTC 6 dan dibantu dengan software GateCycle 5.61.0.r. GateCycle merupakan vi software yang dapat menghitung design pembangkit yang dimodelkan. Data pembangkit existing didapat dari P&ID, dari P&ID tersebut disusun permodelan pembangkit yang dibuat sama dengan keadaan pembangkit dalam keadaan nyata. Setelah permodelan dilakukan, selanjutnya akan dilakukan adalah memvariasikan bahan bakar boiler dan variasi pembebanan. Setelah itu dilakukan perbandingan hasil antara perhitungan termodinamika dengan hasil yang didapat dari GateCycle. Hal tersebut dilakukan agar dapat diketahui perbedaan (error) yang terjadi antara perhitungan secara termodinamika dengan hasil yang ditunjukan oleh software GateCycle. Setelah itu dilakukan perhitungan analisa pada variasi yang menunjukan performance dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT. Indonesia Power UBP. Perak. Hasil dari analisa Simulasi GateCycle yang telah dilakukan penggantian bahan bakar dari Marine Fuel Oil menjadi Bahan Bakar Gas pada pembebanan pembangkit sebesar 100% didapatkan flowrate bahan bakar yang diumpankan ke dalam boiler mengalami penurunan sebesar 17,08%, untuk flowrate excess air yang dibutuhkan agar terjadi pembakaran yang baik mengalami penurunan sebesar 9,5%, Heat Rate yang dihasilkan mengalami penurunan sebesar 0,94% yang identik dengan peningkatan effisiensi pembangkit sebesar 0,95%, Effisiensi Boiler yang didapatkan pun meningkat sebesar 1,1%. ============================================================================================= In Indonesia, Steam Power (power plant) is the most power stations contribute to the provision of energy in the form of electricity. Steam Power Plant generally use coal or fuel oil. But the price of coal and fuel oil jumped increasingly causing swelling of nominal power plant operating costs it self. Marine Fuel Oil (MFO) as fuel for boilers used in power plant UBP Perak is less efficient in its use, while gas fuel at a price lower than the Marine Fuel Oil, has a Low Heating Value (LHV) is higher. Additionally, Fuel Gas has a particle size smaller than the particle Marine Fuel Oil, the smaller the particle fuel, the process of burning the fuel more quickly, Fuel Gas produces gas pollutant emissions clean combustion of SO2 and SO3. In this final project will look for how the effects of variations in fuel Marine Fuel Oil and Fuel Gas with changes in loading on the performance of the power plant. The analysis used in this final project using the thermodynamic analysis, ASME PTC 6 and assisted with software GateCycle 5.61.0.r. GateCycle is a software that can calculate plant design being modeled. Data obtained from the existing plant P&ID, from the P&ID is composed of modeling plant made viii the same with the real state of the plant in the state. Once the modeling is done, would do next is to vary the boiler fuel and load variations. After that, is done a comparison between the results of thermodynamic calculations with the results obtained from GateCycle. This is done in order to know the difference (error) which occurs between thermodynamic calculations with the results shown by the software GateCycle. After the analysis of the variation calculation which shows the performance of Steam Power (power plant) PT. Indonesia Power UBP. Perak. Simulation results of the analysis that has been done GateCycle the fuel replacement of Marine Fuel Oil into Fuel Gas in the imposition of 100% plant obtained flowrate of fuel being fed into the boiler decreased by 17,08%, to flowrate excess air needed to occur good combustion decreased by 9,5%, resulting Heat Rate decreased by 0,94% which is identical with an increase in plant efficiency of 0,95%, obtained Boiler efficiency increased by 1,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.402 5 Taq s
Uncontrolled Keywords: Variasi bahan bakar, performance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > Marine gas-turbines
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:23
Last Modified: 26 Nov 2019 07:23
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/72046

Actions (login required)

View Item View Item