Perencanaan Peningkatan Jalan Ruas Turen - Batas Kabupaten Lumajang STA 33+000 - 37+000 Kabupaten Malang - Provinsi Jawa Timur - [Gambar Perencanaan]

Habibi, Fauzan and Bukhori, Kurnia Elok (2015) Perencanaan Peningkatan Jalan Ruas Turen - Batas Kabupaten Lumajang STA 33+000 - 37+000 Kabupaten Malang - Provinsi Jawa Timur - [Gambar Perencanaan]. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112030092-3112030109 - Presentation.pdf - Presentation

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3112030092-3112030092-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ruas jalan Turen - batas Kabupaten Lumajang merupakan jalan kolektor primer yang menghubungkan antara Malang dengan Kabupaten Lumajang. Kerusakan struktur jalan di beberapa tempat dan kurangnya saluran drainase yang memadai mengakibatkan ketidak nyamanan dalam berkendara, maka dipandang perlu penanganan peningkatan struktur dan kapasitas jalan agar dapat menampung meningkatnya volume dan beban lalu lintas. Dalam tugas akhir ini direncanakan peningkatan jalan dengan menggunakan perkerasan lentur untuk ruas jalan Turen – batas Kabupaten Lumajang pada STA 33+000 – 37+000. Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitungan analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997), perhitungan struktur perkerasan jalan dengan menggunakan metode analisa komponen Departemen PU Bina Marga, perencanaan tebal lapis tambah (overlay) dengan Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Benkleman Beam, kontrol geometrik jalan raya dengan menggunakan buku dasar – dasar perencanaan geometrik jalan, perencanaan drainase dengan menggunakan standart (Tata Cara Perencanaan Drainase Jalan SNI 03-3424-1994), dan untuk perhitungan rencana anggaran biaya menggunakan analisa harga satuan yang diperoleh dari buku harga satuan pokok kegiatan (HSPK) Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Dari hasil analisa perencanaan, tipe medan ruas jalan Turen – Lumajang termasuk daerah bukit, kapasitas jalan diketahui mempunyai DS pada akhir umur rencana 0,85 < 0,75 sehingga diperlukan pelebaran jalur menjadi 9 meter (2 arah) tanpa median (2/2 UD), dengan bahu jalan direncanakan 1,5 meter, sedangkan kecepatan rencana Vr = 40 km/jam. Untuk perencanaan tebal perkerasan didapat survace course / lapis penutup ( AC Laston) = 10 cm, base course / pondasi atas (batu pecah kelas B CBR 80%) = 20 cm dan sub base course / pondasi bawah (sirtu kelas B CBR 60 %) = 55 cm, sedangkan untuk overlay didapat survace course / lapis penutup (AC Laston) = 8 cm. Untuk saluran drainase menggunakan pasangan batu kali pada STA 33+000 – 37+000 dengan kedalaman maximum 1,20 m dan lebar maximun 0,50 m. sedangkan untuk rencana anggaran biaya Rp. 19,422,593,000.00 (Sembilan belas milyar empat ratus dua puluh dua juta lima ratus Sembilan puluh tiga ribu rupiah). =============================================================================== Road boundary Turen – of Lumajang is a primary collector road that connects between the city of Malang with Lumajang. Damage to the structure of the road in some places and the lack of adequate drainage channels lead to discomfort in the drive, then the perceived need of handling the increased structure and road capacity in order to accommodate the increased volume and load traffic. In this final project is planned to increase the road roughness by using flexible pavement for Turen roads boundaries on Lumajang STA 33+000 – 37+000. Improvement planning includes calculation road pavement structures using component analysis method (1987), using analysis of road capacity road capacitymanual Indonesia (MKJI) 1997, planning extra thick layer (overlay) with manual examination pavement road with benkleman beam, control the geometry of the highway by using the book fundamental og geometric roads planning (Silvia Sukirman), drainage planning by using SNI 03- 3424-1994 methods, and for the calculation of budget plan to use a standard unit price basis and the analysis of the local town. From the analysis of planning, the type field roads Turen – Lumajang including the hill, road capacity is known to have DS at the end of age plan 0,85 < 0,75 so that the required widening path to 9 meter wide lane (2 directions) with no median, with a frontage road is plan 1,5 meters. While the plan speed Vr = 40 km/jam. Controls on vertical alignment including flat. For planning of pavement thickness obtained survace course / layer cover (AC Laston) = 10 cm, base course / foundation of (broken stone class B CBR 90%) = 20 cm and sub base course / under foundation (sirtu class B CBR) = 52 cm, while for obtained survace course overlay / layer cover (AC Laston) = 8 cm. to use a pair of stones drainage at STA 33+000 – 37+000 with a maximum depth of 1,2 m and maximum width of 0,5m. as for the budget plan Rp. 19,422,593,000.00 somewhat nineteen billion four hundred twenty two million five hundred ninety three thousand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Hab p
Uncontrolled Keywords: Perencanaan peningkatan jalan ruas Turen – Batas Kab. Lumajang; STA 33+000 – 37+000; Perkerasan Lentur
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:51
Last Modified: 09 Jan 2020 02:53
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/72612

Actions (login required)

View Item View Item