Desain Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Berbasis Power Factor Correction (PFC) Menggunakan Single Ended Primary Inductance Converter (SEPIC)

Arsya, Nanda Redha (2016) Desain Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Berbasis Power Factor Correction (PFC) Menggunakan Single Ended Primary Inductance Converter (SEPIC). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212100019-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2212100019-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2212100019-Paperpdf.pdf]
Preview
Text
2212100019-Paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 2212100019-Presentationpdf.pdf]
Preview
Text
2212100019-Presentationpdf.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motor brushless DC sudah diaplikasikan secara luas pada skala
rumah tangga maupun industri karena kelebihan yang dimiliki seperti
efisiensi tinggi dan rugi-rugi mekanik yang rendah karena tidak
menggunakan brush seperti motor DC. Pengaplikasian motor brushless
DC tersebut menggunakan sumber AC 220 rms yang disearahkan untuk
meminimalisir penggunaan baterai. Namun, penggunaan motor
brushless DC dan rangkaian penyearahnya menyebabkan buruknya nilai
faktor daya dan harmonik. Nilai faktor daya hanya mencapai 0.73
sedangkan THD arus mencapai 74%. Nilai tersebut berada diluar batas
toleransi yang diijinkan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki nilai faktor daya
maupun THD arus akibat pengoperasian motor brushless DC
menggunakan konverter SEPIC. Selain itu, tujuan dari penelitian ini
adalah motor mampu dioperasikan pada berbagai tingkat kecepatan dan
pembebanan yang bervariasi.
Hasil dari simulasi dari desain yang telah dibuat adalah motor
dapat merespon variasi kecepatan referensi yang diberikan dengan baik.
Rangkaian control juga mampu membuat motor mempertahankan
kecepatan dengan perubahan beban setiap waktunya. Faktor daya yang
diamati pada sumber mengalami kenaikan hingga 0.999 pada berbagai
tingkat kecepatan. Selain itu, THD arus memiliki rata rata nilai 2% pada
berbagai tingkat kecepatan. Kedua parameter ini berada didalam
toleransi yang diperbolehkan oleh standar.
========================================================================================================================
Brushless DC motors have been applied extensively in household
and industrial scale because of the advantages such as high efficiency
and mechanical losses are low because it does not use the brush like a
DC motor. Application of the brushless DC motors using 220 rms AC
source is rectified to minimize battery usage. However, the use of
brushless DC motors and rectifying circuit can cause poor power factor
and harmonic value. Power factor value reaches 0,73 while the current
THD at 74%. These values are outside the permitted tolerance limits.
This study aims to improve the power factor and THD value of
current caused by the operation of brushless DC motors using a SEPIC
converter. Moreover, the purpose of this study is that the motor is able to
operate at different levels of speed and load vary.
Based on the results of the simulation from the design has been
made, the motor can respond to variations in the speed reference given
to well. The control circuit is also able to make the motor maintain its
speed with changes in the load every time. Power factor observed in
resources has increased to 0.999 at various speeds. In addition, the
current THD has an average value of 2% at various speeds. Both of
these parameters are within the tolerances allowed by the standard.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.391 6 Ars d
Uncontrolled Keywords: brushless DC, SEPIC, faktor daya, THD arus
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 Jan 2020 01:37
Last Modified: 14 Jan 2020 01:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72661

Actions (login required)

View Item View Item