Perancangan Electromechanical Brake Untuk Kendaraan Perkotaan

Wicaksono, Aditya Dwi (2015) Perancangan Electromechanical Brake Untuk Kendaraan Perkotaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111106004-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sistem pengereman memiliki fungsi menghentikan laju kendaraan. Sistem pengereman yang digunakan pada banyak kendaraan adalah sistem pengereman hidrolik. Namun sistem pengereman ini memiliki kelemahan yaitu respon lambat, lebih berat secara keseluruhan dan kebocoran fluida rem berbahaya. Untuk mengatasi kelemahan diatas, dirancang electromechanical brake system. Metode dalam tugas akhir ini adalah mengumpulkan data city car kemudian dirancang electromechanical brake berdasarkan clamping force. Ruangan yang tersedia panjang 350 mm, lebar 190 mm, dan tinggi 170 mm. Simulasi ini menggunakan solidworks untuk mengetahui apakah komponen dalam electromechanical brake ini mampu menahan clamping force. Dari perhitungan yang telah dilakukan sebagai berikut panjang 307 mm, lebar 166 mm dan tinggi 166 mm. Sebagai penggerak digunakan Planetary Gear, Motor tipe brushless DC Motor, Power Screw, Batang Poros, Batang Ayun dan sistem sambungan mekanisme yang terdiri dari Nut, Baut, Pin, Piringan Rem, dan Kampas Rem. Material yang digunakan adalah AISI 4340 Steel, Normalized yang memiliki nilai tegangan ijin maksimum 710.000.000 N/m2. Hasil simulasi dibagi dalam 3 bagian yaitu simulasi planetary gear dengan nilai tegangan maksimum sebesar 246.595.552 N/m2, simulasi terhadap Screw, nut dan head dengan nilai tegangan maksimum sebesar v 223.013.760 N/m2 dan simulasi terhadap batang poros dan batang ayun dengan nilai tegangan maksimum masing-masing sebesar 282.190.240 N/m2. Nilai tegangan maksimumnya lebih rendah tegangan ijin materialnya, sehingga perencanaan komponenkomponen ini aman ================================================================================================ The braking system has a function stop the vehicle. Braking systems are used on many vehicles is the hydraulic braking system. However, this braking system has the disadvantage of slow response, heavier overall and dangerous brake fluid leaks. To overcome the disadvantages of the above, designed electromechanical brake system. The method in this thesis is to collect data and then a city car designed by electromechanical brake clamping force. This simulation uses SolidWorks to determine whether the components in the electromechanical brake is able to withstand the clamping force. From the calculations have been carried out as follows length 307 mm, width 166 mm and height of 166 mm. As a driver used Planetary Gear, Motor type brushless DC Motor, Power Screw, Rod Shaft, Rod Ayun and connection system mechanism consisting of Nut, Bolt, Pin, disc brakes, and the brake lining. The material used is AISI 4340 Steel, which has a Normalized maximum allowable stress value 710 000 000 N / m2. The simulation results are divided into 3 parts, namely simulated planetary gear with a maximum stress value of 246 595 552 N / m2, a simulation of the Screw, nut and head with a maximum stress value of 223 013 760 N / m2 and a simulation of the shaft and rod swing with value The maximum stress respectively 282 190 240 N / m2. Lower maximum stress value vii allowable stress of material, so that the planning of these components safe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.317 Wic p
Uncontrolled Keywords: Sistem pengereman, Sistem pengereman hidrolik, Electromechanical brake, Solidworks, Planet Gear, Tegangan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:33
Last Modified: 03 Mar 2020 03:33
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75270

Actions (login required)

View Item View Item