Perancangan Board Game Hanacaraka Sebagai Media Bantu Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dan 4

Fajarizka, Anggun (2016) Perancangan Board Game Hanacaraka Sebagai Media Bantu Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dan 4. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3410100049-paper.pdf - Accepted Version

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3410100049-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3410100049-presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang patut dilestarikan. Namun seiring berjalannya waktu aksara Jawa semakin ditinggalkan. Aksara Jawa sebenarnya tidak dikatakan menghilang, hanya mengalami akulturasi, yaitu menipisnya pemahaman masyarakat akan budaya sendiri. Sebagian besar siswa di sekolah masih mengalami kesulitan dalam belajar membaca aksara jawa karena semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin berkurang pula materi aksara jawa yang diberikan. Dampak yang terjadi adalah siswa kurang paham dalam membedakan bentuk aksara jawa sehingga mengalami kesulitan dalam membaca aksara jawa. Tahapan pengumpulan data diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner kepada target audiens di Surabaya, wawancara mendalam kepada pengajar Bahasa Jawa, melakukan studi eksisting dan komparatif terhadap media pembelajaran lainnya, dan studi literatur dengan mengumpulkan berbagai data dari buku dan internet. Dengan menggunakan media pembelajaran berupa board game edukasi, diharapkan dapat meningkatkan minat pada aksara jawa, meningkatkan pemahaman siswa dalam membedakan hurufhuruf yang hampir sama bentuknya, memudahkan siswa dalam belajar membaca Aksara Jawa, menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan, serta dapat dijadikan metode belajar yang menarik dan mudah dipahami. ========================================================================================================== Javanese letters is one of the original Indonesian tradition to be preserved. However, as time goes by, javanese letters is being left out, experiencing acculturation, namely the depletion of understanding of the culture itself. A large number of students experiencing difficulties in reading and differentiating javanese letters as a result of most school which are reducing time to teach Javanese. Data collected by directly distribute questionnaires to target audiences in Surabaya, in depth interview with Javanese teacher, conduct existing and comparative studies of teaching media, and studying data literature gathered from books and internet. By using board game as teaching media, it is expected to increase students interest in javanese letters, enhance students understanding in distinguishing almost identical in shape letters, help students learn to be able to read javanese letters, creating a fun learning environment, and can be used as an interesting and easy to understand teaching method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 776.7 Faj p 3100016067216
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Board Game, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education. Virtual reality in education.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Mar 2020 05:30
Last Modified: 05 Mar 2020 05:30
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75321

Actions (login required)

View Item View Item