Desain Rantai Pasok Gas Alam Cair (Lng) Untuk Kebutuhan Pembangkit Listrik Di Indonesia Bagian Timur

Putra, Made Arya Satya Dharma (2016) Desain Rantai Pasok Gas Alam Cair (Lng) Untuk Kebutuhan Pembangkit Listrik Di Indonesia Bagian Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4212100121-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki gas alam yang melimpah, namun kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan gas tersebut untuk kebutuhan listrik di Indonesia yang sekarang sedang dalam krisis terutama di Indonesia Timur. Salah satu penyebab krisis tenaga listrik yang terjadi di Indonesia adalah tingginya nilai harga bahan bakar minyak, dimana High Speed Diesel Oil merupakan bahan bakar utama bagi pembangkit listrik di Indonesia. Gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) dapat menjadi solusi alternatif bahan bakar bagi pembangkit listrik di Indonesia. Studi kali ini bertujuan untuk pemanfaatan gas alam cair (LNG) untuk kebutuhan pembangkit listrik di Indonesia Timur dengan menentukan pola distribusi LNG dengan menggunakan Blok Masela sebagai sumber LNG dan menggunakan kapal untuk mendistribusikannya. Terdapat 39 pembangkit yang tersebar di 4 pulau yaitu Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Kapal yang digunakan untuk mendistribusikan terdapat 5 kapal dengan ukuran 2500 m3, 7500 m3, 10000 m3, 19500 m3, 23000 m3. Untuk mendapatkan rute distribusi, studi ini menggunakan metode Linear Programing dan dalam Vehicle Routing Problem. Hasil optimasi pada distribusi ini adalah rute viii dan kapal yang optimal / terbaik dengan biaya ekonomi yang minimal. Dari hasil penelitian ini pembangkit akan dibagi menjadi 5 cluster dimana terdapat 5 rute yang terpilih dengan menggunakan 6 kapal yaitu 5 kapal ukuran 2500 m3 dan 1 kapal dengan ukuran 7500m3. Biaya total yang diperlukan dalam mendistribusikan LNG sebesar US$ 111,863,119.15 untuk Opex dan US$ 283,967,000.00 untuk Capex. Hasil dari kajian ekonomi menunjukan bahwa margin penjualan yang terpilih adalah antara US$ 3.5 sampai US$ 3.9 dengan payback period selama 6.8 – 4.7 tahun tahun dari waktu operasi 20 tahun. ===========================================================================================Indonesia is a country that has abundant natural gas, but the lack of awareness from Indonesian to utilize the gas for electricity needs in Indonesia that now is in crisis, especially in eatern Indonesia. One cause of the power crisis that occurred in Indonesia is the high price of fuel oil grades, where High Speed Diesel Oil (HSD) is the primary fuel for electricity in Indonesia. Liquefied Natural Gas (LNG) can be an alternative solution for the fuel of power plants in Indonesia. This study aimed to use Liquefied Natural Gas (LNG) for the needs of power plants in eastern Indonesia and determine the distribution pattern using LNG source in Masela and ship to distribute the gas. There are 39 power plants that spread across 4 islands which are Maluku, East Nusa Tenggara, West Nusa Tenggara, and Papua. The ships / vessels that used to distribute there were 5 vessels which the capacity from 2500 m3 to 23000 m3. To obtain these distributions, this study using Linear Programming and Vehicle Routing Problem. The result of optimization in this distribution is routes / ships that optimum / the best among each other with minimal economic costs. From the result, the power plants will be divide into five clusters where there are five routes were selected by using six vessels / ships namely 5 2500 m3 size of vessels and one vessel x with the size of 7500 m3. The total cost of this distribution of LNG are US $ 111,863,119.15 (Opex) and US $ 283,967,000.00 (Capex). The results of the economic study showed that the sales margins chosen are between US $ 3.5 to US $ 3.9 with a payback period 6.8 - 4.7 years from operating time of 20 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 658.8 Put d
Uncontrolled Keywords: Distribusi LNG, Linear Programming, Vehicle Routing Problem, Kajian Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.7 Physical distribution management
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 00:29
Last Modified: 19 Mar 2020 00:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/75501

Actions (login required)

View Item View Item