Analisa Teknis Performansi Sistem Propulsi Akibat Modifikasi Penambahan Panjang Kapal Pada Km.Khatulistiwa-8

Noviana, Elma Wahyu (2016) Analisa Teknis Performansi Sistem Propulsi Akibat Modifikasi Penambahan Panjang Kapal Pada Km.Khatulistiwa-8. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212106001-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212106001-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

KM KHATULISTIWA-8 merupakan jenis kapal kargo yang
dimodifikasi dengan menambah konstruksi memanjang pada
badan kapal agar kapal dapat membawa muatan dengan jumlah
yang lebih banyak. Modifikasi panjang kapal dari panjang semula
(LPP) 54,10 meter menjadi panjang (LPP) 64,00 meter, tentunya
akan membuat luasan permukaan badan kapal yang tercelup air
semakin besar. Hal ini menyebabkan kecepatan kapal (Vs)
semula 11 knot menjadi menurun 9 knot. Sehingga pada
penelitian ini direncanakan sistem propulsi yang lebih baik
dengan memanfaatkan penggunaan daya motor yang ada secara
maksimal dengan pemilihan diameter & putaran propeller yang
sesuai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka
diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan mesin induk
yang telah ada yaitu Yanmar Z280ST 1500 HP putaran 650 RPM
didapatkan pemilihan jenis propeller yang efisien yaitu propeller
series B4-70. Dimana pada daya 0,85% BHPmcr kecepatan yang
mampu dihasilkan adalah 10,25 knot dengan putaran 620 Rpm
kondisi rough hull dan pada kecepatan 10,55 knot dengan putaran
628 Rpm kondisi clean hull
==============================================================================================KM KHATULISTIWA – 8 is the type of a Cargo Ship modified by
adding construction lengthwise on the body of a ship so that ships
may carry a load for more. Modification length of a Ship it is
original length (lpp) 54, 10 meters to length (lpp) 64,00 meters of
course will make covering the surface area of the body of a Ship
submerged water the bigger. This can cause the ship speed (Vs)
will decrease from 9 knot became 10 knot. This study was
planned so that the propulsion system better by utilizing the
power usage of existing motors with choosen propeller who
appropriate for engine. Based on the results of research
conducted obtained the conclusion that with the use of a machine
a have there those are Yanmar Z280ST 1500 HP 650 RPM
obtained election kind of propeller efficient is propeller series B4-
70. Where the power 0,85% Bhpmcr the speed that can be
produced is 10.25 knots (rough hull condition) with a round of
engine 620 Rpm and 10.55 knots (clean hull shape) with a round
of engine 628 Rpm

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 Nov a-1
Uncontrolled Keywords: KM KHATULISTIWA-8, Modifikasi panjang kapal, Power prediction, Rpm Prediction, Speed Prediction.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 28 Mar 2020 05:14
Last Modified: 28 Mar 2020 05:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75593

Actions (login required)

View Item View Item