Analisis Perpanjangan Umur Operasi Calm Buoy Tuban Milik PT PERTAMINA Berbasis Resiko

Nasher, Fadly Akbar (2016) Analisis Perpanjangan Umur Operasi Calm Buoy Tuban Milik PT PERTAMINA Berbasis Resiko. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4312100144-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4312100144-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap struktur memiliki batas umur yang diperbolehkan untuk dioperasikan. hal ini
juga berlaku pada struktur bangunan lepas pantai terapung yang memiliki umur
operasi yang harus dianalilsis secara saintifik. Pada Tugas Akhir ini dibahas
mengenai sebuah sistim tali tambat CALM Buoy yang dihubungkan pada Tanker
berkapasitas 150.000 DWT. Sistim ini sudah beroperasi cukup lama sehingga
diperlukan adanya upaya perpanjangan umur operasi berupa penggantian tali (anchor
leg) yang diperhitungkan memiliki umur terkecil dan tingkat korosi yang sudah
melebihi batas. Hal ini dilakukan dengan analisis kelelahan (fatigue analysis) dengan
memasukkan ketebalan korosi pada mooring chain dalam analisis tersebut. Analisis
memakai perangkat lunak yang disediakan oleh Bureau Veritas yaitu HydroSTAR
V.7.25 untuk menghitung sifat hidrodinamis kapal Tanker dan Buoy, lalu dilanjutkan
dengan perangkat lunak Ariane8 untuk mooring analysis dimana pada Software
tersebut melakukan Time Domain Simulation yang dibutuhkan untuk menghitung
umur kelelahan pada anchor leg. Metode Rainflow Counting dipakai dalam
perhitungan siklus pada analisisnya. Setelah dilakukan analisa berupa pengaruh
penggantian tali terhadap umur kelelahan, dilakukan analisa resiko yang memakai
simulasi monte carlo untuk mendapatkan peluang kegagalan pada akhirnya dihasilkan
keluaran berupa Matriks Resiko berdasarkan rules DNV RP-G101 . Hasil analisis
menunjukkan bahwa umur sistim tambat meningkat menjadi 214 tahun dan peluang
kegagalan untuk posisi between line 0.0005 dan 0.001 untuk posisi in line. Tingkat
resiko pada sistim mengalami penurunan setelah penggantian tali tambat dengan level
resiko pada aspek keselamatan dan lingkungan ialah ALARP dimana resiko masih
dapat diterima sedangkan dalam aspek bisnis resiko tidak dapat diterima
======================================================================================================
Every Structure must have a limit life that allowed to be operated. This matter are
implemented on offshore structure as well, consider it also have an operating life that
need to be calculated scientifically.This final project discuss about a mooring system
specifically CALM Buoy that moored to tanker ship with capacity 150.000
Deadweight. This system has operated long enough, thus the service life extension
attempt is necessary. It can be done by replacing the mooring lines (anchor leg) that
have the shortest remaining fatigue life and the corrosion that exceeding the limit
criteria. This analysis are conducted in fatigue analysis by including corrosion
thickness at mooring chain. This analysis using several software that provided by
Bureau Veritas like HydroSTAR V.7.5 for both Tanker and Buoy modelling and
hydrodynamic analysis as wel,. then Ariane8 for mooring analysis where this
software analyse the fatigue life at anchor leg through Time Domain Simulation. The
fatigue analysis are calculated by using Rainflow Cycle Counting Method. After
analysis for the life affected by mooring lines replacement, Risk Analysis conducted
by using Monte Carlo Simulation to find the Probability of Failure (PoF) and risk
matrix based on DNV RP-G101 can be determined. This structure’s fatigue life are
meet the safety criteria after replacing two mooring lines with the shortest life are
214 years. Also the probability of failure are 0.0005 in between line position and
0.001 for in line position. The system’s risk level are degradated after mooring line
replacement with risk level at ALARP for safety and enviroment aspects where the
risk level are acceptable. However, risk level at business aspect are not acceptable

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.924 Nas a
Uncontrolled Keywords: CALM Buoy, Tanker, Fatigue, Mooring Analysis, Rainflow, Time Domain, Anchor Leg, Mooring Chain, Risk, Monte Carlo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:41
Last Modified: 07 Apr 2020 02:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75704

Actions (login required)

View Item View Item