Mekanisme Keruntuhan Pada Jembatan Rangka Baja

Istiono, Heri (2016) Mekanisme Keruntuhan Pada Jembatan Rangka Baja. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114202009-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114202009-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keruntuhan jembatan rangka baja sering terjadi, baik di Indonesia maupun
dinegara lain. Akibat dari runtuhnya jembatan ini selain adanya korban jiwa juga
kerugian dari aspek finansial. Keruntuhan ini disebabkan karena berbagai faktor
salah satunya karena penurunan kekuatan struktur jembatan. Untuk meminimalisir
keruntuhan ini diperlukan pemeliharaan jembatan dan untuk memudahkan
pemeliharaan salah satunya harus diketahui mekanisme keruntuhan jembatan yang
ada.
Penyebab keruntuhan jembatan rangka baja antara lain karena kegagalan plat
penyambung akibat korosi seperti pada kasus jembatan I-35W di sungai
Mississippi, Mineapollis, kegagalan struktur jembatan akibat gempa bumi seperti
pada kasus jembatan Showa di Niigata Jepang, dan kegagalan struktur akibat
kesalahan desain seperti pada kasus jembatan gantung Kartanegara dan pada
kasus jembatan Chauras di India.
Pada analisa keruntuhan ini, akan dimodelkan enam macam jembatan
rangka baja, tiga macam jembatan menerus dengan letak perletakan yang berbeda
dan tiga jembatan bentang tunggal. Dimana jembatan yang dimodelkan adalah
jembatan rangka baja tipe warren. Analisa keruntuhan jembatan rangka baja ini,
memanfaatkan pushover analysis untuk menganalisa perilaku struktur jembatan.
Analisa ini dilakukan dengan memberikan suatu pola beban vertikal statik pada
struktur, yang kemudian secara bertahap ditingkatkan dengan faktor pengali
sampai satu target perpindahan vertikal dari suatu titik acuan.
Hasil studi menunjukkan bahwa pada jembatan rangka menerus kegagalan
terjadi di batang diagonal portal akhir pada 2 perletakan tengah. pada semua
model jembatan rangka bentang tunggal kegagalan terjadi pada batang atas
tengah bentang. Tingkat kinerja strutur menunjukkan semua model jembatan dalam
kondisi IO berdasarkan target displacement FEMA 356 dan daktilitas aktual yang
terjadi pada semua model jembatan sudah memenuhi persyaratan SNI 2833-2008.
==================================================================================================================
Steel truss bridge collapse often occurs, both in Indonesia and in other
countries. As a result of the collapse of the bridge is in addition to the casualties
also losses from the financial aspects. This collapse caused due to various factors,
one of them because of a decrease in the strength of the bridge structure. To
minimize required maintenance of the bridge's collapse and to facilitate the
maintenance of one of them must be known failure mechanisms existing bridges.
The cause of collapse steel truss bridge are fails of gusset plat conection
because corrosion as an I-35W bridge case on mississippi river, Mineapollis,
failure of bridge structure because earth quake as a Showa bridge case on Niigata
Japan, and failure structure because design error as a Kartanegara bridge case,
and Chauras Bridge case on India.
In the analysis of this collapse, will be modeled six kinds of steel truss
bridge, three kinds of continous steel truss bridge with diferent place of support and
three kinds of single truss bridge. Where the bridge is modeled is a steel truss bridge
warren’s type. Analysis of the collapse of the steel truss bridge's, utilizing a
pushover analysis to analyze the behavior of the bridge structure. Pushover
analysis done with give vertical static load pattern at the structure, next gradually
increase by a factor until one vertical displacement target of the reference point is
reached.
The study shows that at continous steel truss bridge failures occurred in
diagonal chord of end portal at supports center. at all models singe span failure
occurred on the chord on mid span. The performance level of structure shows all
models of bridges in the state are IO, this case based on the target displacement
FEMA 356 and the actual ductility occurs in all models of bridges is compliant with
SNI 2833-2008.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 624.2 Ist m
Uncontrolled Keywords: Pushover analysis, Jembatan rangka baja, Mekanisme keruntuhan, Daktilitas
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:57
Last Modified: 05 Jun 2020 06:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76113

Actions (login required)

View Item View Item