Analisa Pengaruh Penambahan Ducktail Pada Bagian Transom Terhadap Hambatan Kapal

Kurniawati, Fiqih Dwi (2016) Analisa Pengaruh Penambahan Ducktail Pada Bagian Transom Terhadap Hambatan Kapal. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113203201-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
4113203201-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Energy Saving Devices (ESD) merupakanmetode penambahan peralatan yang fokus pada efisiensi energi dan memberi energi alternatif. Salah satu inovasi ESD adalah penambahan ducktail pada transom kapal.Ducktail adalah appendages penambahan panjang pada aft body kapal yang berfungsi mengurangi hambatan kapal akibat wetted transom dengan mengurangi pusaran arus yang berada pada transom kapal sehingga aliran dapat ditransmisikan keluar area transom kapal. Dalam thesis ini melakukan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) software Ansys CFXdengan pemodelan turbulen SST k- berbasis RANS solver untuk menganalisa hambatan dan grid generator ICEMCFD dengan hybrid mesh.Simulasi menggunakanmodel kapal dengan ducktail dan tanpa ducktail. Pemodelan dilakukan secara tiga dimensi (3D) dengansoftware maxsurf dengan ukuran ducktail adalah 3 dan 6 meter. Simulasi dilakukan pada angka Froude 0,22-0,34. Dari hasil simulasi menunjukkan pengurangan hambatan tertinggiyaitu pada angka Frode 0,25 atau pada cruising speeddengan ducktail 6 meter pengurangan hambatan mencapai 26% dan untuk kapal ducktail 3 meter mengurangi hambatan sebesar 20%. CFD mampu mensimulasikan dan memvisualisasikan aliran pada bagian transom kapal dengan mentransmisikan aliran keluar kapal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ducktail merupakan alternatif appendages ESD untuk mengurangi hambatan pada transom kapal. Aplikasi ducktail adalah easy installation dimana mudah untuk dibongkar pasang. Ukuran ducktail adalah user defined. Pada penelitian selanjutnya adalah penetuan ukuran ducktail yang optimum pada kapal dengan transom stern pada Fr >0,2
=======================================================================================================
Energy Saving Devices (ESDs) are the appandages that aims to increase efficiency in ship power and give alternative energy. Basically, ESDs is retrofit design, which means adding devices can be applied on the new ships or existing ships. The one application of ESD is Ducktail for stern ship. A ducktail is basically a lengthening of the aft ship without increasing overall length of ship. Its aimed to reduce eddies current at wetted transom with generate to the far field. In this work analyses the effect of adding ducktail at Froude numbers 0,22-0,34 using Computational Fluid Dynamic (CFD). The software code Ansys CFX based on RANSEis used to analyse and simulate the drag of ship with freesurface method fitted with turbulence model SST k-w. Grid generator ICEM CFD is used to build hybrid grids for RANSE code solvers. The length of ducktail is 3 and 6 meter,the size is user defined. The modeling using three dimensional model using software maxsurf. According to CFD result, ducktail can reduce total force based on froude numbers. The reduction of power using ducktail is about 5-10% with ducktail 3 meter and 11-15% with ducktail 6 meter. The highest power demand with ducktail 6 meter occur at froude number 0,25 which is at service speed is up to 21% and ducktail 3 meter is about 16%. CFD can visualize phenomena behind transom and the wake behind transom fully transmitted far away. Ducktail becomes alternative device at transom stern to reduce ship resistance especially resistance causes drag pressure. Ducktail has benefit with simple installation and easy to use. The further work is define the proper length of ducktail for ship at Froude >0,2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.848 Kur a-1
Uncontrolled Keywords: Energy Saving Devices, Ducktail, Transom, Froude number
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 15 Jun 2020 08:03
Last Modified: 15 Jun 2020 08:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76161

Actions (login required)

View Item View Item