Sistem Dinamik Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada Sekolah Menengah untuk Meminimalkan Resiko Kecurangan serta Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Anggaran

Arief, Rachman (2016) Sistem Dinamik Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada Sekolah Menengah untuk Meminimalkan Resiko Kecurangan serta Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Anggaran. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112202002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

"Pemodelan dan simulasi sistem dinamik sebagai alat perencanaan kebijakan dan pengambilan keputusan telah diaplikasikan pertama kali untuk memecahkan berbagai permasalahan perencanaan manajemen strategik di bidang industri. Kemudian penerapan dari sistem dinamik ini telah berkembang sangat luas, digunakan pada bidang-bidang ekonomi nasional, rantai pasok, manajemen projek, permasalahan pendidikan, sistem energi, pembangunan berkelanjutan, politik, psikologi, kedokteran, kesehatan, dan lain sebagainya Diharapkan skenario kebijakan yang dirancang dalam pelaksanaan UN akan mendorong meningkatnya indeks integritas UN, merupakan salah satu indikator yang digunakan oleh kementrian pendidikan untuk mengetahui tingkat kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan UN selama ini, sehingga efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran UN akan ikut meningkat juga. Simulasi sistem dinamik dapat membantu mengidentifikasi area-area kebijakan atau manajemen perubahan yang memiliki potensi paling efektif dalam memproduksi hasil yang diinginkan. Kesalahan dalam merancang perencanaan, sumber daya dan anggaran dalam dunia pendidikan yang kompleks harus dihindari karena akan menghasilkan efek yang tidak diinginkan. Sistem dinamik adalah tool yang bisa menjembatani kurangnya imajinasi, sempitnya resiko, dan analisa yang kurang tepat. Digunakan oleh pemangku kepentingan pendidikan untuk merancang skenario masa depan pendidikan dengan hasil yang diinginkan didukung oleh data dan model masa lalu."

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTIf 003.85 Ari s 3100017068493
Uncontrolled Keywords: Sistem dinamik, Ujian nasional, Kecurangan, Efektifitas dan efisiensi anggaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education. Virtual reality in education.
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 13 Jul 2020 05:02
Last Modified: 13 Jul 2020 05:02
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76356

Actions (login required)

View Item View Item