Desain Furniture Set Taman Kanak - Kanak Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Yang Interaktif

Putri, Rosa Delima Cancericha (2016) Desain Furniture Set Taman Kanak - Kanak Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Yang Interaktif. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100001-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah aspek terpenting untuk anak agar siap dalam menempuh masa depan yang dimulai dari pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK). Pembelajaran di TK umumnya terdiri atas aspek kognitif dan sosial. Dari segi sosialnya, sekolah di Indonesia menerapkannya pada model pembelajaran yang berbeda sehingga menciptakan pembelajaran yang interaktif. Pembelajaran dari segi sosial, keamanan, kenyamanan pada anak, aksesibilitas anak serta kesesuaian layout pada ruang kelas menjadi permasalahan utama yang belum terakomodasi oleh furnitur anak yang ada saat ini. Dari masalah yang ada, dibutuhkan desain furnitur set anak yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih interaktif. Kebutuhan furnitur kelas untuk TK umumnya terdiri atas meja, kursi, drawer anak, dan tempat untuk memajang karya anak. Proses desain dimulai dengan mengumpulkan data dengan cara interview user, obeservasi lapangan,dan kuesioner. Hasil pengumpulan data tersebut kemudian diolah dengan melakukan studi dan analisa yang tepat untuk mendapatkan permasalahan dan kebutuhan sehingga menghasilkan konsep yang solutif dalam desain final. Hasil perancangan ini mengasilkan satu set furnitur anak dengan konsep playful, educative, flexible, dan adaptable. Playful adalah furnitur yang dapat membuat anak tidak bosan dalam belajar karena desainnya yang menarik dan dapat dimainkan. Educative adalah desain furnitur yang mempunyai nilai edukasi, baik edukasi secara sosial dan kerja sama hingga edukasi dari sisi bentuk. Flexible adalah furnitur dengan bentuk yang dapat di-multi konfigurasikan serta memungkinkan anak untuk memindahkan dan mengaksesnya sendiri. Dan konsep adaptable adalah furnitur yang dapat beradaptasi dengan berbagai macam layout dan dimensi ruangan kelas. Hasil perancangan tersebut mampu untuk menunjang target pasar (sekolah TK) dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu juga dapat membuat target user (anak-anak TK) bisa mendapatkan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. ================================================================================================================== Education is the most important aspect for children to prepare the future that is begin in Kindergarten school. Kindergarten learning focused on cognitive and social aspects. In social aspect, kindergarten learning applied in many different models, but basically refer to interactive learning. Social aspect, safety, children’s comfort, children’s accessibility, and also Suitability furniture layout in the classroom become the main issues that have not been accommodated by existing furniture. From those issues, Kindergarten schools need kids furniture set that support the interactive learning. Classroom furniture for kindergarten consist of table, chair, kids’ drawer, and artwork board. The design process itself started at collecting the data by providing user interviewing, field observing, and shadowing method. Then the result analyzed to catch the problems then create creative solutions with the final design. The output of this project is to create a set of kindergarten furniture with playful, educative, flexible and adaptable concept. Playful means furniture that can make children do not get bored in the study due to the attractive design and can be played. Educative furniture means furniture that has an educational value, both social and educational. Flexible means furniture with a form that can be configured in many forms and also allow the children to move and access themselves. And the adaptable concept means furniture that can adapt to a wide variety of layouts and dimensions of the classroom. The output design is to support the target market (kindergarten schools) to implement interactive learning. It also can make the target user (kindergarten kids) can get learning in a fun way

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 749 Put d
Uncontrolled Keywords: Pembelajran interaktif, Taman kanak- kanak , Furniture kelas
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:59
Last Modified: 24 Jul 2020 03:59
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/76494

Actions (login required)

View Item View Item