Rancang Bangun Sistem Absensi Perkuliahan Berbasis Internet of Things

Ashari, Ismail (2020) Rancang Bangun Sistem Absensi Perkuliahan Berbasis Internet of Things. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Draft Tugas Akhir - Ismail Ashari.pdf]
Preview
Text
Draft Tugas Akhir - Ismail Ashari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan yang diterapkan di perguruan tinggi normalnya membutuhkan tatap muka, oleh sebab itu kehadiran dalam perkuliahan sangatlah penting. Karena sering dikaitkan dengan peraturan akademik yang harus mengikuti perkuliahan minimum 80% untuk dapat mengikuti ujian akhir semester, maka untuk mengecek kehadiran dalam perkuliahan dilakukan proses absensi. Hanya saja mayoritas masih banyak menggunakan absensi konvensional (tanda tangan tulis), selain mudah dimanipulasi, juga dalam pengelolaan data membutuhkan waktu dan tenaga lebih. Dengan tujuan untuk kemudahan penggunaan dan pengelolaan data seiring dengan perkembangan zaman solusinya adalah dengan memanfatkan penggunaan teknologi. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah dengan berbasis Internet of Things (IoT).
Untuk merealisasikan hal tersebut, maka dalam tugas akhir ini dibuat tahapan rancangan sistem absensi, dengan menggunakan sensor sidik jari (fingerprint) sebagai data input. Sistem yang dibuat menggunakan sensor FPM10A sebagai input, dan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 sebagai pusat keseluruhan kinerja sistem termasuk pengolahan data input yang selanjutnya dihubungkan ke database server (cloud) melalui internet menggunakan modul IoT. Selanjutnya data diproses sedemikian rupa dengan menggunakan Firebase Cloud hingga dapat ditampilkan secara visual dalam suatu aplikasi user interface sehingga dapat diakses dengan internet darimana saja.
Hasil pengujian operasional yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem absensi dapat berjalan baik dengan kondisi kelas serial maupun paralel, serta memiliki rata-rata kecepatan pembacaan sidik jari saat melakukan absensi selama 2,343 detik. Fitur-fitur unggulan yang tersedia pada web berupa monitoring kehadiran pada setiap mata kuliah beserta rekapitulasi dalam satu semester untuk mahasiswa, serta pengubahan jadwal mengajar untuk dosen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ismail Ashari
Date Deposited: 07 Aug 2020 08:18
Last Modified: 22 May 2023 00:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77186

Actions (login required)

View Item View Item