Pengaruh Laju Aliran (Flowrate) Gas Argon Pada Pengelasan Gtaw Dengan Filler Er 5356, Material Alumunium Hollow 6061 Pada Sasis Nogogeni Tanpa Injeksi Gas Argon Pada Bagian Dalam Hollow

Amilino, Anoga Tomas (2020) Pengaruh Laju Aliran (Flowrate) Gas Argon Pada Pengelasan Gtaw Dengan Filler Er 5356, Material Alumunium Hollow 6061 Pada Sasis Nogogeni Tanpa Injeksi Gas Argon Pada Bagian Dalam Hollow. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10211600000075-Non_Degree.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada perlombaan Shell Eco-Marathon Asia (SEM-A) tahun 2018 pada kategori Urban Concept Battery Electric yang di selenggarakan di Sepang Malaysia. Mobil NOGOGENI ini didesain, disimulasi dan dibuat sendiri oleh mahasiswa – mahasiswi tim NOGOGENI ITS. Pada saat perlombaan mobil NOGOGENI mengalami Cracking pada sambungan las bagian sasis. Sasis merupakan hal terpenting dalam pembuatan mobil, karena sasis harus memiliki stabilitas dan mampu menopang semua beban yang ada pada kendaraan, sehingga diperlukan pengelasan yang benar pada sambungan sasis agar tidak terjadi cracking pada sambungan las ketika mobil diberi beban. Material sasis yang digunakan adalah alumunium alloys hollow 6061 T6 dan filler ER 5053 dengan diameter 1,6 mm yang digunakan dengan jenis las GTAW. Pada penelitian ini gas yang digunakan yaitu gas argon. Flowrate yang digunakan yaitu 15cfh, 25cfh, 35cfh. Elektroda yang digunakan yaitu tungsten murni dengan diameter 1,6 mm dan arus yang digunakan 28 Ampere Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan nilai rata – rata uji tarik yang diperoleh pada variasi 15cfh sebesar 117,61 Mpa, pada variasi 25cfh sebesar 118,73 Mpa, sedangkan pada variasi 35cfh sebesar 118,94 Mpa. Pada hasil uji NDT ketika menggunakan flowrate yang rendah terdapat cacat pada lasan ======================================================================================================================At the 2018 Shell Eco-Marathon Asia (SEM-A) competition in the Urban Concept Battery Electric category which was held in Sepang Malaysia. This NOGOGENI car was designed, simulated and made by students - the ITS NOGOGENI team arrangement. At the time of the race car NOGOGENI replaced Cracking on the chassis connection welding connection. The chassis is the most important thing in making a car, because the chassis must have the ability and be able to sustain all the burden on the vehicle, so that the correct welding of the chassis connection is needed to avoid cracking at the welding compilation connection of the car being loaded. The basic materials used are hollow aluminum alloy 6061 T6 and ER 5053 fillers with a diameter of 1.6 mm which are used with GTAW welding types. In this study the gas used is argon gas. Flowrate used is 15cfh, 25cfh, 35cfh. The electrodes used were pure tungsten with a diameter of 1.6 mm and the current used was 28 Amperes Based on the results that have been done the average value of the tensile test obtained at a variation of 15cfh of 117.61 MPa, at a variation of 25cfh of 118.73 MPa, while at a variation of 35cfh of 118.94 MPa. In the NDT test results the compilation uses a low flowrate for weld defects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan GTAW, NDT (Non Destructive Testing), Uji Tarik, Mobil NOGOGENI, GTAW Welding, NDT (Non Destructive Testing), Tensile Test, NOGOGENI Car
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Anoga Tomas Amilino
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:21
Last Modified: 10 Aug 2020 03:21
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/77217

Actions (login required)

View Item View Item