Modifikasi Struktur Jembatan Sembayat I Menggunakan Asymmetric Cable Stayed Bridge.

Abdullah, Nabil Izza (2020) Modifikasi Struktur Jembatan Sembayat I Menggunakan Asymmetric Cable Stayed Bridge. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000002-Undergraduate_Thesis..pdf]
Preview
Text
03111640000002-Undergraduate_Thesis..pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Jembatan beruji kabel atau cable-stayed merupakan struktur yang memiliki sederetan kabel lurus dan memikul elemen horizontal kaku yang berupa: balok, rangka, atau box. Jembatan cable stayed terdiri dari sistem struktur berupa gelagar menerus yang didukung oleh tumpuan berupa kabel yang dibentangkan miring dan dihubungkan ke menara sebagai penahan utamanya. Jembatan jenis ini sudah banyak dibangun di seluruh penjuru dunia karena mampu meopang bentang yang panjang dan proses pembangunannya yang relatif cepat, serta memiliki keunggulan karakteristik dibandingkan dengan tipe jembatan bentang panjang lainnya baik dari segi teknis, ekonomis, dan estetika.
Pada tugas akhir ini membahas mengenai “modifikasi struktur jembatan Sembayat I menggunakan asymmetric cable stayed bridge” yang melintasi sungai Bengawan Solo di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Jembatan ini memiliki bentang total sepanjang 350 meter yang terbagi dalam 2 bentang dengan panjang yang berbeda yaitu 225 meter untuk sisi main span, dan 125 meter untuk sisi side span dengan lebar total jembatan 17.5 meter. Konfigurasi kabel jembatan pada arah memanjang menggunakan semi-harp pattern dan pada arah melintang menggunakan two inclined plane system. Material penyusun struktur lantai kendaraan menggunakan steel twin box girder. Dengan pylon berbentuk A yang didesain miring ke arah side span menggunakan struktur beton bertulang.
Pada pengerjaan tugas akhir ini dibantu dengan software MIDAS CIVIL, SAP 2000, dan AUTOCAD. Tahapan dalam perencanaan ini dimulai dari pengumpulan data dan studi literatur, preliminary desain, desain struktur sekunder, desain struktur primer, permodelan dan analisa struktur, kontrol stabilitas aerodinamis dan penyusunan gambar kerja. Hasil dari perencanaan ini didapatkan dimensi struktur lantai kendaraan, dimensi kabel, angkur, dan dimensi pylon. Selain itu stabilitas aerodinamis juga perlu dikontrol dimana kontrol tersebut meliputi frekuensi alami struktur, pengaruh vortex shedding dan flutter. Perencanaan ini menggunakan backward solution dalam analisa staging. Desain dilakukan dengan mengacu SNI 1725 2016, Peraturan PU Nomor 08/SE/M/2015, SNI 2833 2016, dan RSNI T-12-2004.
====================================================================================================================
Cable-stayed bridge is a structure that have series of straight cables and carry rigid horizontal elements like beams, frames or boxes. The cable stayed bridge consists of a continuous structural girder system that supported by cables, which are connected to the tower. This type of bridge has been built all over the world because it can support a long span and the construction process is relatively fast, it also has many advantages of characteristics compared to other types of long span bridges both in terms of technical, economic, and aesthetic.
In this final project will discuss about "modification of the Sembayat I bridge structure using an asymmetric cable stayed" . This bridge crosses Bengawan Solo river in Manyar District, Gresik. It has a total span of 350 meters which is divided into two spans with different lengths, 225 meters for the main span, and 125 meters for the side span with a total bridge width of 17.5 meters. the longitudinal cable configuration uses a semi-harp pattern, while in the transverse direction using the two inclined plane system. the vehicle floor structure is made of steel twin box girder, with an A-shaped pylon leaning towards the side span using reinforced concrete structures.
This final project were assisted by MIDAS CIVIL, SAP 2000 and AUTOCAD software. The stages in this planning are started from collect data and study literature, preliminary design, secondary structure design, primary structure design, modeling and analysis of structures, aerodynamic stability control and set the build drawing. The results of this plan are the dimensions of the vehicle floor structure, the dimensions of the cable, the anchor, and the dimensions of the pylon. Aerodynamic control like natural frequency, vortex-shedding, flutter are very important to cable stayed bridge. On the staging analysist use backward solution method. This final project design is referring to SNI 1725 2016, PU Regulation Number 08 / SE / M / 2015, SNI 2833 2016, and RSNI T-12-2004.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Asymmetric cable stayed, Steel twin box girder, semi harp pattern, two inclined plane system, jembatan kabel beruji asimetris.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabil Izza Abdullah
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:23
Last Modified: 30 May 2023 14:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77268

Actions (login required)

View Item View Item