Perancangan dan Pemodelan Dinamis Non-Contact Coaxial Magnetic Gears pada E-drivetrain Bus Tugasanda

Al-Hanif, Ibnu Fuad (2020) Perancangan dan Pemodelan Dinamis Non-Contact Coaxial Magnetic Gears pada E-drivetrain Bus Tugasanda. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111640000211-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111640000211-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sistem transmisi pada bus listrik sampai saat ini belum ada perkembangan yang cukup siginifikan, masih menggunakan transmisi konvensional berupa pasangan-pasangan roda gigi. Penggunaan roda gigi ini menimbulkan banyak kerugian, apalagi daya dan torsi putaran rendah dari motor listrik yang cukup besar membuat roda gigi harus mampu menerima tegangan kontak yang besar sehingga rawan terjadi kegagalan pada roda gigi. maka dari itu, penggunaan mechanical gear mulai ditinggalkan dan akan digantikan oleh coaxial magnetic gear. Pada dasarnya, coaxial magnetic gear merupakan roda gigi yang menggunakan magnet permanen sebagai pengganti gigi-gigi sehingga tidak ada kontak yang terjadi pada pasangan roda gigi. Perpindahan daya terjadi dengan adanya gaya tarik menarik dan tolak menolak antar magnet pada magnetic gear. Coaxial magnetic gear memiliki keunggulan seperti tidak terjadi gesekan, tidak timbul keausan, perawatan yang mudah dan tentunya tidak terjadi gear backlash. Kepadatan torsi terbentuk akibat medan magnet, ini dikarenakan gaya tolak menolak magnet terjadi secara simultan. Coaxial magnetic gear ini memiliki karakteristik sama seperti internal spur gear akan tetapi letak dari porosnya berada dalam satu garis sumbu dimana struktur coaxial magnetic gear terdiri dari 3 komponen utama yaitu inner rotor, stationary pole pieces, steel dan outer rotor.
Dalam penelitian ini akan dilakukan simulasi pada ANSYS Maxwell 3D kemudian hasil simulasi tersebut dijadikan sebagai input untuk simulasi pada MATLAB/Simscape. Variasi yang dilakukan adalah pada dimensi panjang arah axial coaxial magnetic gear dengan ukuran 200 mm, 250 mm dan 300 mm. Variasi tersebut akan menjadi variable dalam melakukan simulasi pada software ANSYS Maxwell 3D untuk mengetahui besar torsi yang dihasilkan oleh coaxial magnetic gear dari tiap variasi yang dilakukan, dikarenakan belum ada penelitian tentang variasi panjang coaxial magnetic gear transmission ketika diintegrasikan pada drivetrain kendaraan listrik. kemudian hasilnya digunakan sebagai acuan dalam pemodelan dinamis pada software MATLAB/simscape untuk dimasukkan dalam blok diagram e-drivetrain bus Tugasanda.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pengaruh variasi panjang pada coaxial magnetic gear tersebut mampu meningkatkan torsi output dari coaxial magnetic gear. Semakin panjang coaxial magnetic gear, maka torsi yang dihasilkan semakin besar. Dari simulasi yang dilakukan pada ANSYS Maxwell 3D dan MATLAB simscape, terlihat bahwa dimensi yang tepat dan efisien untuk diaplikasikan pada e-drivetrain Bus Tugasanda adalah coaxial magnetic gear dengan variasi panjang 200 mm karena memiliki torsi yang cukup konstan pada 200 Nm dan karakteristik grafik kecepatan, percepatan, daya dan traks yang mirip dengan bus listrik dengan transmisi konvensional

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Coaxial magnetic gear, e-drivetrain, torsi, Neodymium Coaxial magnetic gear, e-drivetrain, torque, Neodymium
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: IBNU FUAD AL HANIF
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:35
Last Modified: 07 Jun 2023 14:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77806

Actions (login required)

View Item View Item