Analisis Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT. XYZ

Mahardika, Fitria (2020) Analisis Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT. XYZ. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211750014008_Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211750014008_Master_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri sistem pendingin merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang di Indonesia. Indonesia merupakan pasar yang besar untuk memasarkan sitem pendingin yang berguna bagi industri makanan, minuman, logistik, transportasi dan lain-lain. Perusahaan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah PT. XYZ yang menyediakan sistem pendingin untuk skala industri pada perusahaan besar maupun kecil. PT. XYZ telah sejalan dengan aturan pemerintah dalam mengganti penggunaan Freon menjadi Ammonia pada sistem pendingin, meski dengan konsekuensi biaya yang lebih mahal. Proses penjualan produk PT. XYZ selama ini hanya melalui refferal, word of mouth dan exhibition. Selain itu terdapat saluran keagenan yang membantu memasarkan produknya. Namun kondisi tersebut tersebut tidak cukup membantu dalam penjualan produk PT. XYZ, hal ini nampak pada penurunan penjualan di tahun 2019. Oleh sebab itu perlu adanya alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk mengetahui potensi perusahaan sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats Analysis) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan matriks internal factor evaluation (IFE) dan matriks external factor evaluation (EFE). Berdasarkan hasil perhitungan, skor IFE yang didapatkan adalah 2,8792 dan skor EFE sebesar 2,739. Berdasarkan skor IFE dan EFE, posisi PT. XYZ berada di posisi sel V (Hold and Maintain). Berdasarkan hasil SWOT dan QSPM didapatkan strategi utama yang harus dijalankan adalah meningkatkan kualitas SDM sales dengan nilai TAS sebesat 1,4177.
==================================================================================================================
The cooling system industry is one of the businesses that evolve in Indonesia. Indonesia is large market and has potential to sell cooling system which is used by industry such as foods, beverages, logistics, transportation, etc. Company that becomes object of this research is PT. XYZ providing cooling system for industry either large scale or small scale. PT. XYZ is in line with government in replacing freon to ammonia in cooling system although it will be more expensive. Marketing process of PT. XYZ in selling the product is referral, word of mouth, and exhibition. On other hand, PT XYZ also uses agency channel to promote the products. Marketing Strategy which uses in this time is not enough to do selling products. In 2019, PT XYZ had decreased in selling therefore the company needs new alternative marketing strategy to increase and reach wider market share. Methods using in this study are SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threats) Analysis and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Data processing was performed using an internal factor evaluation (IFE) matrix and an external factor evaluation (EFE) matrix. Based on the calculation results, the IFE score obtained is 2.8792 and the EFE score is 2.739. Based on IFE and EFE scores, the position of PT. XYZ is in cell V (Hold and Maintain) position., Based on the results of SWOT and QSPM, the main strategy that must be implemented is to improve the quality of HR sales with a TAS score of 1.4177.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode QSPM, Metode SWOT, Strategi Pemasaran, QSPM Method, SWOT Method, Marketing Strategy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management
Depositing User: Fitria Mahardika
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:12
Last Modified: 22 Jul 2023 13:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79275

Actions (login required)

View Item View Item