Analisa Manfaat dan Biaya Proyek Rehabilitasi Saluran Irigasi D.I Cepret dengan Metode Benefit Cost Ratio (BCR)

Sari, Rieca Permata (2020) Analisa Manfaat dan Biaya Proyek Rehabilitasi Saluran Irigasi D.I Cepret dengan Metode Benefit Cost Ratio (BCR). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3111440000050_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Daerah Irigasi Cepret yang terletak di Kecamatan Kedung Galar Kabupaten Ngawi Jawa Timur mengairi pertanian khususnya persawahan di desa Begal. Saluran irigiasi D.I Cepret yang seharusnya mengaliri sawah dengan luas optimal sebesar 611 Ha hanya mampu mengairi sawah sebesar 510 ha. Hal ini karena adanya kerusakan pada saluran irigasi sehingga membutuhkan rehabilitasi. Rehabilitaisi saluran irigasi D.I Cepret dilakukan untuk meningkatkan fungsi dan layanan irigasi sehingga diharapkan mampu mengairi sawah di desa Begal secara optimal. Rehabilitasi saluran irigasi D.I Cepret ini memerlukan adanya analisa manfaat dan analisa biaya untuk mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan manfaat yang didapatkan. Metode yang digunakan untuk analisa manfaat dan biaya adalah dengan perhitungan Benefit Cost Ratio (BCR). Biaya yang di analisa adalah biaya investasi rehabilitasi dan biaya operasional serta pemeliharaan saluran irigasi D.I Cepret sedangkan untuk analisa manfaat yang diperhitungkan ialah peningkatan hasil panen sawah didesa Begal. Hasil akhir dari analisa manfaat dan biaya ini adalah analisa kelayakan proyek rehabilitasi saluran irigasi D.I Cepret. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, diketahui bahwa proyek rehabilitasi saluran irigasi D.I Cepret memiliki biaya investasi sebesar 7.628.450.000,00 serta biaya pemeliharaan dan operasional selama 25 tahun sebesar 18.639.112.038,46. Rasio kelayakan menggunakan metode Benefit Cost Ratio bernilai 2,91 yang berarti rehabilitasi saluran irigasi D.I Cepret dinyatakan layak dilaksanakan karena perhitungan Benefit Cost Ratio bernilai lebih dari satu. Kata Kunci : Rehabilitasi, Saluran irigasi, Analisis Manfaat Biaya, Benefit Cost Ratio, Kabupaten Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitation, Irrigation Channels, Cost Benefit Analysis, Benefit Ratio, Ngawi Regency, Rehabilitasi, Saluran irigasi, Analisis Manfaat Biaya, Benefit Cost Ratio, Kabupaten Ngawi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Rieca Permata Sari
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:50
Last Modified: 28 Aug 2020 01:51
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/79322

Actions (login required)

View Item View Item