Analisis penentuan mitgasi risiko fase konstruksi proyek penggantian panel kendali sdv dilapangan migas lepas pantai madura

Shoffan Abdi Tunggal, shoffan (2020) Analisis penentuan mitgasi risiko fase konstruksi proyek penggantian panel kendali sdv dilapangan migas lepas pantai madura. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850023022_Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211850023022_Master_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PHA adalah kontraktor kontrak kerjasama migas (KKKS) di Indonesia, berperan penting dalam pencapaian target produksi minyak dan gas bumi nasional. Untuk mempertahankan kontinuitas operasional dan produksi, sebuah proyek penggantian panel kendali shutdown valve dilakukan di fasilitas produksi lapangan lepas pantai Madura Barat. Peroyek ini adalah proyek penggantian panel kendali SDV pertama yang dilakukan pada fasilitas berproduksi. Pada fase engineering teridentifikasi beberapa aktivitas berisiko tinggi yang berdampak pada keselamatan proses dan personel. Guna mengatasi permasalahan tersebut, menggunakan metode Risk Management PHA, proyek merasa perlu untuk melakukan penelitian dalam rangka menentukan mitigasi risiko pada tahap konstruksi proyek sebagai tambahan referensi guna diusulkan tindakan pencegahannya kepada Manajemen. Metode penelitian menggunakan Focus Group Discussion (FGD) dan pemodelan House of Risk (HOR). Usulan analisis dan manajemen risiko ditentukan dalam FGD, selanjutnya dimodelkan dengan pendekatan HOR. Penelitian mengidentifikasi 23 peristiwa risiko, 23 agen risiko, serta mitigasi risiko yang didefinisikan oleh potensi risiko agregat dan prioritasnya. Untuk mengurangi terjadinya risiko dan meningkatkan dampak positif keberlanjutan dan tujuan proyek, diperoleh 24 tindakan pencegahan dengan 5 prioritas tertinggi tindakan pencegahan yang diusulkan untuk segera di tindak lanjuti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: house of risk, industri migas, mitigasi risiko, risk register, shutdown valve,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management
Depositing User: Shoffan Abdi Tunggal
Date Deposited: 23 Aug 2020 15:03
Last Modified: 30 May 2023 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79407

Actions (login required)

View Item View Item