Studi Analitik Konversi Daya Turbin Angin Melibatkan Rasio Densitas

Abidy, Sahal (2020) Studi Analitik Konversi Daya Turbin Angin Melibatkan Rasio Densitas. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311850020002-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02311850020002-Master_Thesis.pdf

Download (983kB) | Preview

Abstract

Analisis kinerja pada turbin angin dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah parameter tak-berdimensi yang disebut dengan tip speed ratio. Meskipun parameter tersebut mampu dijadikan sebagai acuan untuk menganalisis kinerja sebuah turbin angin, akan tetapi parameter tersebut tidak memiliki variabel densitas yang sangat dibutuhkan dalam proses perancangan.
Pada penelitian ini, sebuah parameter baru untuk menganalisis kinerja turbin angin yang disebut sebagai rasio densitas diturunkan dan diterapkan terhadap beberapa model rotor berdasarkan teori momentum, yaitu model Glauert, model Burton, dan model Joukowsky. Adapun penurunan rasio densitas dilakukan dengan memanfaatkan keseimbangan momentum sudut aliran dan turbin angin.
Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa rasio densitas berpengaruh terhadap sebaran faktor induksi aksial turbin angin, sama seperti tip speed ratio. Meskipun begitu, parameter tip speed ratio memiliki sensitivitas terhadap perubahan faktor induksi aksial yang lebih tinggi daripada rasio densitas. Sebaran faktor induksi aksial cenderung mendekati nilai 1/4 pada saat rasio densitas semakin mendekati tak-hingga dan cenderung mendekati 1/3 pada saat rasio densitasnya menedekati nol. Selain berpengaruh terhadap sebaran faktor induksi aksial, rasio densitas juga berpengaruh terhadap kinerja turbin angin. Kinerja turbin angin cenderung mendekati Batas-Betz pada rasio densitas mendekati nol dan cenderung mendekati nol pada rasio densitas mendekati tak-hingga. Dengan hasil tersebut, rasio densitas dapat berfungsi sebagai parameter alternatif untuk menganalisis kinerja turbin angin, terutama pada proses perancangan turbin angin karena memiliki variabel-variabel dimensi dan bahan yang benyak digunakan dalam proses perancangan dan tidak dimiliki oleh parameter tip speed ratio.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teori Momentum Rotor, Tip Speed Ratio, Rasio Densitas, Rotor Theory, Tip Speed Ratio, Density Ratio
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ820 Wind power
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ828 Wind turbines
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Sahal Abidy
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:31
Last Modified: 28 May 2023 16:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79924

Actions (login required)

View Item View Item