Studi Eksperimen dan Numeris pada Analisis Percepatan Gerak Vertikal di Helideck pada Floating Crane Catamaran

Suwandono, Yunan Setiawan (2020) Studi Eksperimen dan Numeris pada Analisis Percepatan Gerak Vertikal di Helideck pada Floating Crane Catamaran. Other thesis, InstitutTeknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000122_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311640000122_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada tugas akhir ini akan membahas mengenai operabilitas percepatan gerak
vertikal di area helideck pada hasil ekseperimen dan akan dibandingkan dengan
analisa numeris. Untuk eksperimen nya dilaksanakan di fasilitas Maneuvering and
Ocean Eengineering Basin (MOB) Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT – ITS.
Model yang di uji adalah tipe kapal kataraman dengan skala 1:36 terhadap skala
asli. Pengujian eksperimen menggunakan gelombang acak dengan spektrum
pierson-maskowitz dengan Hs=2,5 dan Hs= 6,37 m. Hasil dari pengujian ini berupa
time history yang mana selanjutnya akan diolah menjadi spekral respon gerak. Pada
bagian helideck hanya melakukan uji surge sway dan heave. Sedangkan untuk
numeris melakukan analisa akibat gelombang regular saat heading 00
450
900
1350
1800
dan didapatkan RAO untuk gerakan Heave, Roll, Pitch. Setelah itu hasil RAO
di kalikan dengan spectra gelombang sehingga didapatkan harga stokastiknya.
Untuk analisa operabilitas pendaratan di Helideck menggunakan kriteria Olson dan
dari Marine yang dimana di dapatkan batasan tinggi gelombang menurut olson yaitu
untuk arah datang gelombang 0
0
, 900
,1800 sebaiknya tidak dilakukan lebih dari
tinggi gelombang 3 meter, sedangkan untuk kondisi 450
dan 1350
tidak boleh diatas
4 meter. Untuk kategori menurut HCA kondisi kritis yaitu arah datang gelombang
900
untuk tinggi gelombang 2 meter. Pada ketinggihan 4 meter merupakan batas
dari arah gelombang 0
0 450
1350
1800
==============================================================================================================
In this final project will discuss the operability of vertical motion acceleration in
the helideck area on the experimental results and will be compared with numerical
analysis. The experiments were carried out at the Maneuvering and Ocean
Eengineering Basin (MOB) facility of the BPPT - ITS Hydrodynamics Technology
Center. The model being tested is the type of cataraman with a scale of 1:36 to the
original scale. Testing experiments using random waves with pierson-maskowitz
spectrum with Hs = 2.5 and Hs = 6.37 m. The results of this test in the form of time
history which will then be processed into a specific response to the motion. In the
helideck only do surge sway and heave tests. As for numerical analysis of regular
waves when heading 00
450
900
1350
1800
and obtained RAO for Heave, Roll, Pitch
movements. After that the RAO results are multiplied by the wave spectra so that
the stochastic price is obtained. For the analysis of the landing operability at
Helideck using the Olson criteria and from the Marine where the wave height limit
according to Olson is for the incoming wave direction 00
, 900
,1800
it should not be
done more than 3 meters wave height, while for conditions 450
and 1350
it should
not be above 4 meters. For categories according to the HCA the critical condition
is the direction of wave 900
for wave height of 2 meters. At 4 meters elevation is
the boundary of the wave direction 00
450
1350
1800
.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC363 Floating harbors. Including floating docks, piers, etc
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yunan Setiawan Suwandono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:10
Last Modified: 06 Nov 2023 06:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80337

Actions (login required)

View Item View Item