Perancangan dan Analisis Sistem Tenaga, Konsumsi Energi, dan Regenerative Brake pada Honda Vario 125 PGM-FI dengan Penambahan Motor Listrik sebagai Penggerak Kendaraan (Hybrid)

Fernanda, Yohanes Silvano (2020) Perancangan dan Analisis Sistem Tenaga, Konsumsi Energi, dan Regenerative Brake pada Honda Vario 125 PGM-FI dengan Penambahan Motor Listrik sebagai Penggerak Kendaraan (Hybrid). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111640000077-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor merupakan alat transportasi paling digemari di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia sepeda motor menempati urutan pertama jenis kendaraan bermotor yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan jumlah 120.101.047 unit. Berdasarkan data dari handbook of energy dan economic statistic of Indonesia 2018, pemakaian energi terbesar di Indonesia adalah kegiatan transportasi yaitu sebesar 42%. Jika teknologi kendaraan saat ini yang menggunakan mesin pembakaran dengan bahan bakar minyak terus dipakai dan berkembang maka ketersediaan bahan bakar minyak akan habis terkonsumsi pada tahun 2038. Dengan kondisi seperti itu, maka antisipasi utama yang patut dilakukan untuk dapat mengurangi pemakaian minyak bumi, adalah pengembangan teknologi sarana transportasi yang seminimal mungkin menggunakan bahan bakar minyak Teknologi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah kendaraan dengan sistem penggerak hybrid. Hybrid adalah sistem yang menggunakan perpaduan motor pembakaran dalam dan motor listik sebagai tenaga penggerak. Sisem hybrid yang akan diterapkan adalah hybrid paralel. Pada tugas akhir ini terdapat dua tahapan, yang pertama ada tahap perhitungan dan yang kedua merupakan tahap analisis. Untuk tahap perhitungan yang dilakukan adalah melakukan perhitungan gaya hambat yang meliputi gaya hambat drag, rolling resistance dan gaya hambat gradien, lalu dilakukan perhitungan spesifikasi motor, selanjutnya perhitungan karakteristik traksi, karakteristik daya pada setiap moda berkendara, lalu perhitungan konsumsi energi, perhitungan energi bangkitan hasil pengereman berdasarkan driving cycle WMTC, dan yang terakhir adalah perhitungan kapasitas dan jumlah baterai Selanjutnya untuk tahap analisis akan dilakukan analisis terhadap karakteristik traksi dan karakteristik daya pada setiap moda berkendara, konsumsi energi serta energi bangkitan hasil pengereman yang didapat dari perhitungan sebelumnya. Pada penelitian ini diperoleh motor listrik yang sesuai adalah QS 2000W 273 28H V2 72V BLDC Hub Motor dengan torsi maksimum 130 Nm dan daya maksimum 3,1 kW dan baterai yang digunakan adalah 72V 15 Ah Electric Bike Battery Pack Lithium Ion. Berdasarkan analisis perhitungan yang dilakukan, sepeda motor hybrid mampu menempuh kecepatan maksimum sebesar 29,72 m/s pada jalan datar dan mampu menanjak 300 dengan kecepatan 7,22 m/s. Dengan menerapkan sistem hybrid pada kendaraan dapat menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 40,83% berdasarkan driving cycle WMTC kelas 2. Energi pengereman yang bisa ditangkap oleh generator adalah sebesar 0,0824 kWh dengan efisiensi maksimal sebesar 52% dan kontribusi regenerative brake terhadap konsumsi energi total adalah sebesar 30,34%. ============================================================================================================================== Motorcycles are the most popular transportation in Indonesia. Based on data from the Indonesian Central Bureau of Statistics (BPS), motorcycles got first rank in the type of motorized vehicle most used in Indonesia with a total of 120,101,047 units. Based on data from the handbook of energy and economic statistics of Indonesia 2018, the largest energy use in Indonesia is transportation activities, amounting to 42%. If current vehicle technology that uses combustion engines with fuel oil continues to be used and developed, the availability of fuel oil will be consumed by 2038. With such conditions, the main anticipation that should be done to reduce the use of petroleum is technology development. the minimum possible means of transportation using fuel oil. The right technology to overcome this problem is a vehicle with a hybrid drive system. Hybrid is a system that uses a combination of an internal combustion motor and an electric motor as propulsion. The hybrid system to be implemented is a parallel hybrid. In this final project, there are two stages, the first is the calculation phase and the second is the analysis phase. The calculation phase is carried out by calculating the drag which includes drag drag, rolling resistance and gradient drag, then calculating the motor specifications, then calculating the traction characteristics, power characteristics in each driving mode, then calculating energy consumption, calculating the energy generated by the results. braking is based on the WMTC driving cycle, and the last is the calculation of the capacity and number of batteries. Furthermore, for the analysis stage, an analysis of the traction characteristics and power characteristics in each driving mode will be carried out, the energy consumption and the generated energy from the braking results obtained from the previous calculations. In this study, the appropriate electric motor is obtained is the QS 2000W 273 28H V2 72V BLDC Hub Motor with a maximum torque of 130 Nm and a maximum power of 3.1 kW and the battery used is 72V 15 Ah Electric Bike Battery Pack Lithium Ion. Based on the analysis of the calculations carried out, a hybrid motorcycle is able to travel a maximum speed of 29.72 m / s on a flat road and is able to climb 300 at a speed of 7.22 m / s. By implementing a hybrid system on the vehicle, it can save fuel consumption by 40.83% based on the WMTC class 2 driving cycle. The braking energy that can be captured by the generator is 0.0824 kWh with a maximum efficiency of 52% and regenerative brake contribution to total energy consumption. amounted to 30.34%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hybrid, motor listrik, karakteristik daya, karakteristik traksi, hybrid, electric motor, power characteristics, traction characteristics.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ700 Traction engines, etc.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fernanda Yohanes Silvano
Date Deposited: 23 Aug 2020 13:00
Last Modified: 23 Aug 2020 13:00
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/80373

Actions (login required)

View Item View Item