Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan Waktu Pelaksanaan Pada Pekerjaan Pembangunan Fly Over Tol Cibitung - Cilincing STA 0+594 - 2+037

Guntara, Chrisna Anam (2020) Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan Waktu Pelaksanaan Pada Pekerjaan Pembangunan Fly Over Tol Cibitung - Cilincing STA 0+594 - 2+037. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111610013015-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (56MB) | Request a copy

Abstract

Proyek Tol Cibitung – Cilincing merupakan salah satu bagian dari pembangunan Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) yang terdiri dari 4 seksi dengan panjang total 34,384 km. Proyek pembangunan Tol Cibitung – Cilincing melewati kontur tanah yang beragam. Jalan tol ini di bangun di atas tanah keras, tanah lunak, dan rawa. Sehingga proyek ini menggunakan tigas jenis konstruksi sekaligus, yaitu tanah timbun (at grade), melayang (elevated), dan tiang pancang (pile slab). Metode pekerjaan tiap jenis konstruksi berbeda sesuai dengan jenis pekerjaan masingmasing. Salah satu bangunan melayang adalah fly over yang di bangun di atas Jalan Akses Tol, Gandasari, Kecamatan Cikarang Barat, Bekasi. Fly over ini menjadi jalan utama jalan tol ini, yang bersinggungan langsung dengan jalan Tol Jakarta – Cikampek. Fly over ini memiliki panjang 1,5 kilometer yang dimulai dari abutment 1 di STA 0+594 sampai dengan abutment 2 di STA 2+037 dengan lebar 32 meter dan ketinggian ±7 meter dari permukaan tanah yang terdiri dari 3 lajur dengan 2 jalur. Tugas Akhir Terapan ini membahas mengenai perkiraan biaya dan waktu yang diperlukan untuk menyesaikan pekerjaan pembangunan Fly Over (elevated) pada tol Cibitung – Cilincing. Proses manajemen ini mengelola suatu kegiatan yang berskala besar, dengan memanfaatkan tenaga kerja, peralatan, material, metode serta biaya yang diperlukan selama proses manajemen berlangsung dalam durasi waktu tertentu. Analisa yang dilakukan dalam pembahasan ini yaitu menghitung volume pada setiap jenis pekerjaan, menghitung produktifitas alat, serta kebutuhan tenaga kerja dan bahan yang diperlukan. Produk dari analisa tersebut yaitu durasi pada setiap pekerjaan, rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek. Pada Pembangunan fly over pada tol Cibitung – Cilincing ini diperoleh durasi pelaksanaan proyek 10 hari pekerjaan persiapan, 440 hari pada pekerjaan zona 1 dan 400 hari pada pekerjaan zona 2, dengan jam kerja efektif perhari 7 jam dan biaya Rp. 557.558.125.814. Pelaksanaan harus dikendalikan sebaik mungkin termasuk dalam penjadwalan sumber daya agar tidak menimbulkan pembengkakan biaya dan keterlambatan proyek (lintasan kritis) tanpa mengabaikan kualitas dan kuantitas sumber daya. Kata Kunci : Fly Over, biaya, waktu, sumber daya, manajemen. ==================================================================================================================== The Cibitung - Cilincing Toll Road Project is one part of the construction of the Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) which consists of 4 sections with a total length of 34.384 km. The Cibitung - Cilincing Toll Road construction project crosses various land contours. This toll road is built on hard, soft and swampy land. So this project uses three types of construction at once, namely soil pile (at grade), floated (elevated), and piles (pile slabs). The method of work for each type of construction is different according to the type of work each. One of the floating buildings is a fly over built on the Toll Road Access, Gandasari, West Cikarang District, Bekasi. This fly over becomes the main road of this toll road, which directly intersects with the Jakarta - Cikampek Toll Road. This fly over has a length of 1.5 kilometers starting from abutment 1 at STA 0 + 594 to abutment 2 at STA 2 + 037 with a width of 32 meters and a height of ± 7 meters from the ground surface consisting of 3 lanes with 2 lanes. This Final Final Project discusses the estimated cost and time needed to complete the Fly Over (elevated) construction work on the Cibitung - Cilincing toll road. This management process manages a large-scale activity, utilizing manpower, equipment, materials, methods and costs needed during the management process takes place within a certain time duration. The analysis carried out in this discussion is calculating the volume of each type of work, calculating the productivity of tools, as well as the need for labor and materials needed. The product of this analysis is the duration of each work, the planned project implementation cost budget. In the construction of the fly over on the Cibitung - Cilincing toll road, the project implementation duration is 10 days for preparatory work, 440 days for zone 1 work and 400 days for zone 2 work, with 7 hours of effective work hours per day and a cost of Rp.557.558.125.814. Implementation must be controlled as best as possible including resource scheduling so as not to cause cost overruns and project delays (critical trajectory) without neglecting the quality and quantity of resources. Keywords: Fly Over, cost, time, resources, management.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fly Over, biaya, waktu, sumber daya, manajemen Fly Over, cost, time, resources, management
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Chrisna Anam Guntara
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:26
Last Modified: 27 Aug 2020 02:26
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81409

Actions (login required)

View Item View Item