Perencanaan Ulang Struktur Jembatan Umbul Kaji Kab.Malang Sta 13+805 Dengan Struktur Cable-Stayed

Abshor, Aulia Ulul (2020) Perencanaan Ulang Struktur Jembatan Umbul Kaji Kab.Malang Sta 13+805 Dengan Struktur Cable-Stayed. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111610013002_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Umbul Kaji merupakan jembatan yang berada pada jalan lintas selatan Kabupaten Malang pada Sta 13+805. Jembatan Umbul Kaji mempunyai panjang 120 meter yang di bagi menjadi 3 span dengan masing-masing span memiliki bentang 40 meter dan mempunyari lebar sebesar 9 meter yang akan dibangun dengan struktur Girder menggunakan material beton prategang. Permasalahan yang dihadapi pada jembatan ini adalah melewati jurang sedalam 30 meter, sehingga menyebabkan pilar jembatan terlalu tinggi, yang dikhawatirkan akan terjadi kegagalan pada pilar jembatan tersebut. Serta metode pelaksanaan yang tergolong sulit dikarenakan membuat 2 pilar yang berada pada jurang. Dengan permasalahan tersebut muncul ide untuk merencanakan ulang struktur jembatan Umbul Kaji dengan konstruksi Fan Pattern Cable-Stayed dengan Double Plane System. Untuk gelagar direncanakan menggunakan Steel Box-Girder agar beban jembatan menjadi lebih ringan. Sedangkan pilar atau pylon menggunakan material beton dengan model Y terbalik yang berada pada salah satu ujung jembatan sehingga jembatan cable-stayed ini asymmetric. Kemudian akan dilakukan permodelan menggunakan program bantu CSI Bridge. Perencanaan ulang ini akan menggunakan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No. 08/SE/M/2015 tentang Pedoman Perencanaan Teknis Jembatan Beruji Kabel, SNI 1725-2016 untuk pembebanan jembatan, SNI 2833-2013 terhadap beban gempa, dan RSNI-T-02-2004 untuk perencanaan struktur beton untuk jembatan. Adapun hasil dari perencanaan ini adalah bangunan atas dan bangunan bawah. Untuk permodelan struktur utama menggunakan analisa dengan pembebanan statis dan dinamis, selanjutnya analisa metode pelaksanaan menggunakan metode demolishing procedure melalui backward solution dengan program bantu Csi Bridges. ==================================================================================================================== Umbul Kaji Bridge is a bridge located on the southern crossing of Malang Regency at Sta 13 + 805. Umbul Kaji Bridge has a length of 120 meters which is divided into 3 spans with each span has 40 meters and a width of 9 meters, which will be built with a Girder structure using prestressed concrete material. The problem faced by this bridge is over a 30 meter deep cliff, it cause the bridge pillar to be too high, which is worried there will be a failure on the bridge pillar. And the method of implementation is quite difficult because it makes two pillars that are on a cliff. With these problems arise idea for re-design the structure of the Umbul Kaji bridge with Fan Pattern Cable-Stayed construction with Double Plane System. For girder planned to use Steel Box Girder so that the bridge dead weight structure becomes lighter. While the pillar or pylon using inverted concrete Y model at one end of the bridge so that the bridge cable-stayed become asymmetric. And then there was modeling using CSI Bridge assist program. This re-design will use the circular of Minister of Public Work No.08/SE/M/2015 concerning the Cable Test Bridge Technical Planning Guidelines, SNI 1725-2016 for loading bridge, SNI 2833-2013 to earthquake loads, and RSNI-T-02-2004 for planning concrete structures for bridges. The results of this plan are the upper and lower buildings. For modeling main structure use analysis with static and dynamic loading, then analyze the implementation method using the method demolishing procedure through backward solution with the CSI Bridges assistance program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cable-Stayed, Fan Pattern, Jembatan, Steel Box, Struktur. Cable-Stayed, Fan Pattern, Bridge, Steel Box, Structure.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Aulia Ulul Abshor
Date Deposited: 26 Aug 2020 23:53
Last Modified: 26 Aug 2020 23:53
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81412

Actions (login required)

View Item View Item