Pemanfaatan limbah plastik low-density polyethilene (ldpe) dan isobuthylene – isoprene rubber (karet ban dalam) pada campuran hot rolled sheet – wearing course (hrs – wc) sebagai pengembangan inovasi green environment material

Al wafi, Moch. Dikrimasro Ramadhan (2020) Pemanfaatan limbah plastik low-density polyethilene (ldpe) dan isobuthylene – isoprene rubber (karet ban dalam) pada campuran hot rolled sheet – wearing course (hrs – wc) sebagai pengembangan inovasi green environment material. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111610013025-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mengatasi permasalahan pembangunan jalan banyak penelitian dan inovasi-inovasi baru ditemukan terutama pada campuran aspal,sehingga campuran aspal modifikasi dengan bahan tambahan yaitu plastik LDPE dan Isobuthylene – Isoprene Rubber (IIR/karet ban dalam) diteliti untuk inovasi lebih lanjut. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi limbah plastik dan karet sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan . Lalu penelitian ini diharapkan dapat mengurangi bahan baku aspal yang semakin mahal Didalam peneletian aspal modifikasi LDPE dan IIR ini, menggunakan syarat-syarat yang berlaku dalam Peraturan v Umum Bina Marga 2018 untuk setiap bahan yang digunakan. Lalu pengujian yang dilakukan sesuai dengan standar pengujian aspal yaitu tes Marshall. Didalam pencampuran aspal dengan LDPE dan IIR digunakan metode basah, yaitu dengan cara mencampurkan zat tambahan saat pemanasan bitumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa campuran aspal HRS-WC dengan kadar aspal optimum sebesar 7,2% yang mengandung IIR dan LDPE sebesar 2% dengan perbandingan 1:1 menunukan performa yang memenuhi sebagian besar spesifikasi menurut Peraturan Umum Bina Marga 2018 tabel 6.3.3. Pada campuran ini tidak memenuhi nilai VIM dengan jumlah volume 6,23% melebihi nilai VIM dari parameter spesifikasi sebesar 6%. Dan berdasarkan hasil pengujian karakterisitik aspal modifikasi menghasilkan karakter aspal yang tahan terhadap suhu lingkungan yang tinggi namun menurunkan nilai penetrasi asap modifikasi. Sehingga aspal yang dimodifikasi ini memiliki sifat yang getas apabila diterapkan di lingkungan dengan suhu rendah berdasarkan suhu pengujian penetrasi sebesar ≥250C. Pada penelitian ini juga diperhitungkan terkait perbandingan harga material dimana penambahan zat aditif 10% dapat mengurangi harga material sebesar 4,89%. ====================================================== ====================================================== To carry on the problem of road construction which is use asphalt binder many inovation and researches has did,so the research that uses asphalt modification by low density polyethilene (LDPE) and isobuthylene-isoprene rubber (IIR) to know what the effect. In that case to handle environment problem and expensetivity material of asphalt. In this research of aspjhalt modification by LDPE and IIR, was followed the spesification of “Peraturan Umum Bina Marga 2018”. And Marshall test used to be standart of parameter test. To mixed the additive material was used wet methode, which is mixed the additive when heating the bitument. As the result shows that asphalt binder HRS-WC with optimum asphalt content 7,2% with contained 2% additive material is satisfiyed the spesification of “Peraturan Umum Bina Marga 2018” tabel 6.3.3. But in this percentage is not satisfy of VIM value whice have 6,23% VIM value, so that contained VIM value more than spesification which is 6%. And from the perfomed of characteristic bitument is shows that this bitumen modification is resistance with high temperature. With the result that the asphalt modified has a brittle if it is uses at the places which have temperature lower than 250C. In this research has calculate about ratio of materials price which is that added 10% additive can reduce the materials price value by 4,89%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian, Aspal Modifikasi, durabilitas dan Stabilitas Aspal ======== Research, Asphalt modification, Durability and stability of asphalt
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Moch. Dikrimasro Ramadhan Alwafi
Date Deposited: 07 Sep 2020 22:45
Last Modified: 07 Sep 2020 22:45
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81442

Actions (login required)

View Item View Item