Perancangan Iklan Produk Pakaian Lari AZA Activewear Di Instagram Untuk Membangun Awareness Produk

Aisyah, Anandyra Putri (2020) Perancangan Iklan Produk Pakaian Lari AZA Activewear Di Instagram Untuk Membangun Awareness Produk. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08311340000144-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

AZA Activewear adalah brand yang menyediakan pakaian dan perlengkapan untuk olahraga sepak bola, basket, dan lari. Produk olahraga sepak bola dan basket dari AZA dirasa sudah cukup kuat dari segi citra, loyalitas, pemasaran, dan komunikasi produknya yang dilihat dari permintaan dan penjualan yang terus meningkat. Hal ini dikarenakan kedua cabang olahraga terbsebut mempunyai platform yang kuat untuk mengembangkan promosi produknya, yaitu lewat dukungan komunitas dan klub Persebaya dan liga Honda DBL. Lewat produk olahraga lari yang baru dirilis akhir 2019, AZA ingin menjangkau pasar yang berbeda dan lebih luas (terlepas dari segmentasi Persebaya dan DBL). Produk pakaian lari sudah diproduksi dan dijual di beberapa saluran, namun belum ada kegiatan promosi yang kuat, terintegrasi, dan konsisten untuk pengenalan varian produk ini. Sehingga, belum adanya awareness produk untuk produk lari. Perancangan kampanye ini dilakukan dengan berbagai metode. Tinjauan pustaka untuk mendapatkan teori yang dijadikan sebagai panduan dalam membuat kampaye dan pesan utama serta beberapa kriteria kampanye yang telah diterima dan sukses di pasar. Wawancara terhadap pelaku brand dan ahli media untuk mengetahui objek perancangan lebih dalam dan mendapatkan teknis/kriteria media yang sesuai dengan target pasar. Kuesioner kepada target segmentasi untuk mengetahui pola perilaku dan preferensi visual dalam pembuatan konsep utama. Semua metode ini dianalisa untuk menemukan konsep utama yaitu “AZA For All” yang bermakna pakaian lari AZA adalah pakaian serbaguna untuk pelari. Pakaian lari AZA ditunjukkan dalam berbagai kondisi dengan kosa kata huruf A hingga Z yang berhubungan dengan olahraga lari. Dengan perumpamaan tersebut, AZA mampu memenuhi berbagai kebutuhan pelari dengan pakaian. Konsep utama disampaikan dalam bentuk visual (video dan gambar) dengan serangkaian strategi iklan yang disebarkan di media sosial Instagram. Diharapkan iklan ini mampu memperkenalkan pakaian lari dari AZA dengan cara menunjukkan produk bisa digunakan dalam berbagai kondisi yang relevan untuk pelari. Sehingga bisa menjangkau segmentasi pelari yang luas, memenuhi berbagai kebutuhan secara fungsi dan estetika, dan menjadi solusi utama sebagai penyedia pakaian lari yang nyaman dan terjangkau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: iklan, pakaian lari, instagram, advertising, running apparel.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anandyra Putri Aisyah
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:34
Last Modified: 03 Sep 2020 02:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/81731

Actions (login required)

View Item View Item