Implementasi Enam Modul Mini Games dengan Menerapkan Builder Pattern untuk Sistem Permainan Heart Meister pada Unity 2D

., Afrizal (2014) Implementasi Enam Modul Mini Games dengan Menerapkan Builder Pattern untuk Sistem Permainan Heart Meister pada Unity 2D. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5110100214-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5110100214-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Heart Meister merupakan permainan sosial pada perangkat
smartphone. Permainan Heart Meister bergenre Role Play Game (RPG)
dengan tema fantasi. Permainan ini berfokus pada pertarungan antar pet
yang dimiliki pemain. Setiap pet memiliki atribut sebagai indikator
kekuatannya. Level dari masing-masing atribut bisa dinaikkan dengan
menyelesaikan dungeon yang ada. Akan tetapi terkadang pemain ingin
menaikkan level dari atribut tersebut secepat mungkin untuk menjadikan
pet-nya semakin kuat. Masalah lain yaitu pet yang bukan merupakan pet
utama dari pemain akan susah dinaikkan level atributnya karena jarang
atau tidak pernah dipakai. Dengan demikian dibutuhkan suatu sistem
untuk menaikkan level atribut dari pet secara cepat dan menarik.
Modul mini game ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi
kebutuhan penaikan level atribut dari pet pada permainan Heart Meister.
Masing-masing atribut dari pet dapat dinaikkan dengan jenis mini game
yang berbeda. Hasil penaikan level atribut yang didapat berdasarkan
berhasil atau tidaknya pemain dalam menyelesaikan mini game.
Modul mini games dibangun dengan menerapkan konsep Builder
Pattern. Builder pattern digunakan untuk mengatur pembuatan level
pada mini game. Dengan penerapan builder pattern ini pembuatan level
dari tiap mini game ditangani oleh kelas yang sama. Dengan demikian
penerapan builder pattern ini akan memudahkan jika terjadi
penambahan level dari mini game.
==============================================================================================================
Heart Meister is a social game wich run in smartphone device. It
has Role Play Game (RPG) genre with fantasy theme. The main gameplay
of this game is battle between player’s pet. Each pet has some attributes
as indicator of it strength. Each attribute can be enhanced by completing
any dungeon. But sometimes there are player who want to enhance their
pet as fast as possible in order to make it stronger. Thus this game
requires a system that can handle this problem.
This mini games module is proposed to meet the need of pet’s
attributes enhancement in Heart Meister game. Each pet’s attribute can
be enhanced with different mini game. The result of enhancement depends
on capability of player to completing the mini game.
This mini games module is developed with applying the concept of
Builder Pattern. Builder pattern is used to organize the process of
constructing level on each mini game. Thus the implementation of builder
pattern will simplify the process of level construction if the new level is
needed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.432 Afr i 3100014055915
Uncontrolled Keywords: Builder Pattern, Heart Meister, Mini Games, Unity 2D
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:33
Last Modified: 16 Sep 2020 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81909

Actions (login required)

View Item View Item