Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Penjualan Consumer Goods Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Pendekatan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS)

Dwitiayasa, Wida (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Penjualan Consumer Goods Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Pendekatan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS). Masters thesis, SEPULUH NOPEMBER INSTITUTE OF TECHNOLOGY.

[img] Text
09211850096027-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (4MB)

Abstract

Persaingan yang semakin kompetitif pada industry consumer goods menuntut subjek penelitian untuk memiliki keunggulan bersaing agar dapat memenangkan pasar. Beberapa penelitian mengatakan bahwa tenaga penjual (sales) merupakan kontributor utama yang mempengaruhi efektivitas penjualan. Secara teoritis terdapat perbedaan penelitian terkait faktor yang dominan mempengaruhi kinerja dari tenaga penjual (sales) yaitu faktor yang paling berpengaruh adalah karakter tenaga penjual, berbeda dengan penelitian dari Djoni, et al dimana faktor yang paling berpengaruh adalah kepuasaan tenaga penjual terhadap perusahaan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode wawancara yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuisioner terstruktur dengan menggunakan skala 1-5. Responden dari penelitian adalah berjumlah 120 orang responden, dimana responden adalah tenaga penjual dari salah satu perusahaan distributor consumer goods di Balikpapan. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model Partial Least Square (SEM PLS) pada program SMART PLS 3. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Q-Square yang dibentuk dari model SEM-PLS sebesar 61,6% model dapat dijelaskan oleh indikator-indikator dalam penelitian. Indikator yang berpengaruh signifikan positif pada kinerja tenaga penjual adalah karakter tenaga penjual, keandalan tenaga penjual, dan kepuasan tenaga penjual. Kepuasan tenaga penjual paling berpengaruh ke kinerja tenaga penjual, sehingga meningkatnya kepuasan tenaga penjualan terhadap perusahaan memiliki pengaruh nyata pada peningkatan kinerja tenaga penjual terhadap efektivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Distributor Consumer Goods; Efektivitas penjualan; Kinerja pemasaran; Tenaga Penjual; Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS); SMART PLS;
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: wida dwitiayasa
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:30
Last Modified: 04 Mar 2021 01:30
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83387

Actions (login required)

View Item View Item