Perancangan Motion Comic Cerita Panji Sebagai Bentuk Pelestarian Kebudayaan Kediri

Azura, Karina Sheila (2021) Perancangan Motion Comic Cerita Panji Sebagai Bentuk Pelestarian Kebudayaan Kediri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
08311540000103-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media komik merupakan media yang populer dikalangan generasi muda. Media ini sekarang sudah berkembang menjadi dalam bentuk format audio visual yaitu motion comic dilengkapi dengan animasi gerak. Media ini juga dapat digunakan untuk mengangkat konten lokal seperti cerita rakyat untuk menaikkan cerita tersebut. Panji merupakan merupakan sebuah cerita rakyat yang bercerita tentang kisah cinta dari Panji Asmorobangun dan Putri Galuh Candra Kirana (Sekartaji) yang berlatar belakang pada masa kerajaan Kediri. Akan tetapi, cerita rakyat ini tergeser oleh cerita-cerita pahlawan modern yang sedang populer diceritakan dalam bentuk komik. Oleh karena itu, media motion comic ini berpotensi besar sebagai alternatif media untuk hiburan masyarakat sekaligus untuk melestarikan cerita rakyat Panji. Metode penelitian yang dilakukan untuk perancangan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari studi literatur dan studi eksperimental. Data tersebut kemudian diolah, guna menghasilkan konsep desain dan dianalisis oleh praktisi di bidang komik menggunakan depth interview. Kemudian dilakukan proses produksi untuk menghasilkan prototype awal yang akan dianalisis kembali oleh praktisi animasi untuk mendapatkan hasil prototype akhir. Hasil dari prototype akhir tersebut akan diujikan menggunakan metode posttest kepada target audiens untuk mendapatkan respon terhadap hasil perancangan ini. Data kualitatif yang didapatkan dari metode tersebut akan dianalisis sebagai bahan evaluasi untuk membantu penyempurnaan hasil akhir. Dari metode tersebut juga akan didapatkan data untuk menjawab rumusan maslah dalam perancangan ini. Hasil dari perancangan ini berupa video motion comic yang bercerita tentang cerita Panji dengan durasi sekitar enam menit. Visual dari motion comic ini mengadaptasi dari gaya semi realis berwarna dan menggunakan format komik seperti panel dan juga balon kata. Hasil perancangan ini juga disertai dengan animasi gerak yang sederhana dan latar musik untuk membangun suasana. Media ini akan diunggah ke dalam media sosial yang dapat diakses dengan mudah oleh target audiens. Target audiens utama yang dituju adalah masyarakat yang berumur 18-25 tahun dan juga tinggal diperkotaan. Motion comic ini diharapkan dapat menjadi salah satu media yang menghibur dan juga pelestarian budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Panji, cerita rakyat, motion comic Panji, folklore, motion comic
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Karina Sheila Azura
Date Deposited: 10 Mar 2021 00:56
Last Modified: 10 Mar 2021 00:57
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/83971

Actions (login required)

View Item View Item