Kelayakan Finansial Dan Ekonomi Pada Investasi Jalan Tol Pekanbaru - Padang, Studi Kasus : Seksi Bangkinang - Pangkalan

Bina, Lutfi (2021) Kelayakan Finansial Dan Ekonomi Pada Investasi Jalan Tol Pekanbaru - Padang, Studi Kasus : Seksi Bangkinang - Pangkalan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211850026014-Master_Thesis.pdf] Text
09211850026014-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan tol bisa dijadikan tolok ukur kemajuan
perekonomian sebuah negara, tak terkecuali di Indonesia. Salah satunya dengan
pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Pemerintah mentargetkan lintas
Sumatera ini akan tersambung di tahun 2024. Merupakan suatu tantangan tersendiri
Pemerintah untuk mewujudkan target tersebut. Investasi untuk pembangunan jalan
tol erat kaitan dengan ketidakpastian (risiko). Sehingga perlunya kajian kelayakan
investasi jalan tol baik aspek finansial maupun ekonomi serta melihat pengaruh
risiko pada tingkat kelayakannya.
Proyek Jalan Tol Pekanbaru – Padang merupakan salah satu program
pembangunan JTTS, dan salah satu paket yang saat ini sedang proses pelaksanaan
adalah Seksi Bangkinang–Pangkalan. Pada proyek ini menarik untuk ditinjau
kembali kelayakannya baik dari aspek finansial maupun ekonomi dan dilihat
variabel risiko apa saja yang mempengaruhi tingkat kelayakannya. Parameter
tinjuan kelayakan finansial meliputi: NPV, IRR, dan PP, sedangkan kelayakan
ekonomi meliputi: NPV dan B/C ratio yang dilihat pada efisiensi BOK dan efisiensi
nilai waktu terhadap biaya investasi dan O/M selama masa konsesi. Selanjutnya
dengan menentukan variabel risiko dianalisa variabel apa yang dominan
berpengaruh pada nilai NPV dengan menggunakan analisa sensitivitas.
Hasil penelitian dengan dilakukan didapat hasil nilai NVP sebesar Rp. (-
2,768) triliun < 0, dan nilai IRR 6,079% < MARR 8,06% artinya secara finansial
tidak layak dan melalui analisis sensitivitas didapatkan bahwa 3 (tiga) variabel
risiko utama yang paling berpengaruh terhadap perubahan nilai NPV yaitu : biaya
konstruksi, tarif tol dan volume lalu lintas kendaraan. Adapun kajian secara
ekonomi menunjukkan layak, pada nilai NPV sebesar 528 milyar > 0, dan benefit
cost ratio sebesar 1.062 > 1. Dari kedua analisa tersebut memberikan gambaran,
bahwa proyek ini secara aspek finansial tidak menguntungkan bagi investor.
Namun demikian diharapkan dengan manfaat ekonomi akan memacu peningkatan
mobilitas penduduk menggunakan jalan tol untuk meningkatkan pendapatan yang
diharapkan.
Diharapkan dari penelitian ini ini bisa digunakan sebagai salah satu
referensi tinjauan kelayakan proyek investasi jalan tol kedepannya, baik buat
investor swasta maupun pemeritah.
=====================================================================================================
Toll road infrastructure development can be used as a measure of a country's
economic progress, including in Indonesia. One of them is the construction of the
Trans Sumatra Toll Road (JTTS). Investment for toll road development is closely
related to uncertainty (risk). So it is necessary to study the feasibility of toll road
investment both in financial and economic aspects as well as to see the effect of risk
on the feasibility level.
The Pekanbaru - Padang Toll Road Project is one of the JTTS development
programs, and one of the packages currently in the process of being implemented
is the Bangkinang-Pangkalan Section. In this project, it is interesting to review its
feasibility from both financial and economic aspects and see what risk variables
affect the feasibility level. The parameters of the review of financial feasibility
include: NPV, IRR, and PP, while the economic feasibility includes: NPV and B /
C ratio which is seen in BOK efficiency and time value efficiency against
investment costs and O / M during the concession period. Furthermore, by
determining the risk variable, it is analyzed what variables are dominant influencing
the NPV value using sensitivity analysis.
The results of the research by doing the results obtained the NVP value of
Rp. (-2,768) trillion <0, and the IRR value of 6,079% <MARR 8,06% means that it
is not financially feasible and through sensitivity analysis it is found that the 3
(three) main risk variables that have the most influence on changes in the NPV
value are: construction costs, tariffs. tolls and vehicle traffic volume. The economic
study shows that it is feasible, at an NPV value of 528 billion> 0, and a benefit cost
ratio of 1,062> 1. The two analyzes illustrate that this project is not financially
profitable for investors. However, it is hoped that the economic benefits will spur
increased mobility of the population using toll roads to increase the expected
income.
It is hoped that this research can be used as a reference for reviewing the
feasibility of toll road investment projects in the future, both for private and
government investors.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: investasi, kelayakan finansial, risiko utama, analisa sensitivitas, deterministik, investment, financial feasibility, main risk, sensitivity analysis, deterministic
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.24 Feasibility studies. Feasibility appraisals
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 28 May 2021 09:23
Last Modified: 28 May 2021 09:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/84234

Actions (login required)

View Item View Item