Kualitas Jasa Kepelabuhanan Untuk Angkutan Penyeberangan Dengan Pendekatan Servqual Dan Kansei Engineering Pada Pelabuhan Paciran Lamongan

Sakty, Andie Kusuma (2021) Kualitas Jasa Kepelabuhanan Untuk Angkutan Penyeberangan Dengan Pendekatan Servqual Dan Kansei Engineering Pada Pelabuhan Paciran Lamongan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
09211950015010 - Master_Thesis - Andie Kusuma Sakty.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
09211950015010 - Master_Thesis - Andie Kusuma Sakty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sejak dibentuk pada tahun 2017, UPT Pelabuhan Pengumpan Regional Lamongan baru sebatas memberikan pelayanan untuk angkutan barang di Pelabuhan Paciran, sementara angkutan penyeberangan dilaksanakan oleh PT. ASDP. Dengan adanya pelimpahan kewenangan penyelenggaraan angkutan penyeberangan dari PT. ASDP ke UPT Pelabuhan Pengumpan Regional Lamongan di Tahun 2020, diperlukan suatu gambaran kualitas yang telah diberikan sebagai dasar penyusunan standar pelayanan dan prosedur kegiatan pelayanan angkutan penyeberangan di pelabuhan. Metode Regresi Linear Berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh atribut layanan Servqual terhadap Kansei Words pada layanan yang saat ini tengah berjalan. Diperoleh atribut “Pengetahuan serta kemampuan petugas yang dapat diandalkan untuk menangani permasalahan yang timbul selama pelayanan” (X20) pada pelayanan penumpang dan kendaraan sebagai atribut yang paling menarik bagi pengguna jasa karena berpengaruh terhadap 13 (tiga belas) Kansei Words yang terhubung dengan layanan dengan nilai Adjusted Importance Level tertinggi dengan nilai 0,693. Sementara pada pelayanan kapal penyeberangan diperoleh atribut “Kondisi fasilitas pemadam kebakaran baik” (Y7) sebagai atribut yang paling menarik bagi pengguna jasa karena berpengaruh terhadap 2 Kansei Words yang terhubung dengan layanan dengan nilai Adjusted Importance Level tertinggi dengan 2,23. Penetapan desain layanan dilakukan dengan mengutamakan prioritas berdasarkan nilai adjusted importance level tertinggi dan pemenuhan aspek keselamatan sesuai ketentuan. Pada layanan penumpang dan kendaraan, perbaikan desain layanan diprioritaskan pada tahap layanan “Boarding menuju dermaga” dan “Memasuki kapal” dengan “Penerapan standar pelayanan minimal terkait penyediaan petugas bersertifikasi”. Sementara pada layanan kapal penyeberangan, perbaikan desain layanan diprioritaskan pada tahap layanan “Kapal beraktifitas di Pelabuhan” dengan “Penerapan standar pelayanan minimal terkait perlengkapan keselamatan pemuatan kendaraan, ketersediaan CCTV, peningkatan lampu penerangan dengan intensitas cahaya 200 – 300 lux dan ketersediaan informasi larangan kendaraan saat memasuki kapal”. =====================================================================================================

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Servqual, Kansei Engineering, Pelabuhan, Service Quality, Servqual, Kansei Engineering, Port
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries--Quality control.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Andie Kusuma Sakty
Date Deposited: 06 Aug 2021 01:41
Last Modified: 06 Aug 2021 01:41
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/84971

Actions (login required)

View Item View Item