Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) Pada Proyek Gedung Kampus II UIN Sunan Ampel Surabaya

Muzakkii, Marka Daffa (2021) Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) Pada Proyek Gedung Kampus II UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000081_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111640000081_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kampus II UIN Sunan Ampel Surabaya adalah gedung kampus baru yang berlokasi pada wilayah Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Proyek pembangunan ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp. 488.119.500.139 dan memiliki luas bangunan sebesar 112.786 m2. Proyek ini dikerjakan oleh PT. Adhi Karya (Persero), Tbk Departemen Gedung. Dalam setiap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, perlu adanya efisiensi biaya. Rekayasa Nilai merupakan salah satu metoda yang dapat digunakan untuk mengefisiensikan desain dengan tetap memperhatikan fungsi bangunan dan estetika yang telah direncanakan Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Rekayasa Nilai untuk menganalisis peluang penghematan biaya proyek ini, khususnya struktur dan arsitektur bangunan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rencana Kerja Rekayasa Nilai (VE-Job Plan) yang meliputi beberapa Tahapan, seperti Tahap Informasi, Tahap Kreatif, Tahap Analisis, dan Tahap Rekomendasi. Penelitian diawali dengan membuat Cost Model berdasarkan data Anggaran biaya proyek, mengidentifikasi item berbiaya tinggi dan melakukan Analisis fungsi. Data kemudian dianalisis untuk mendapatkan alternatif baru, analisis keuntungan dan kerugian, analisis life cycle cost dan rekomendasi alternatif yang terpilih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada 3 komponen bangunan yang bisa dilakukan VE, yaitu komponen pelat struktur, dinding (fasad) eksterior dan dinding partisi Interior. Alternatif material subtitusi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelat beton ringan utk meggantikan pelat beton, Panel dinding AAC untuk menggantikan fasad dinding bata ringan, dan panel dinding yumen board untuk menggantikan partisi interior yang sebelumnya menggunakan bata ringan. Penggantian komponen bangunan tersebut selain menghemat biaya, juga menyebabkan berkurangnya dimensi balok dan kolom bangunan yang berdampak berkurangnya berat struktur sebesar 2.488%. Dari proses VE didapatkan total penghematan sebesar Rp5.467.374.870 atau 4,26% dibandingkan desain awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rekayasa Nilai, Job Plan, Kampus , Value Engineering, Job Plan, Campus
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MARKA DAFFA MUZAKKII
Date Deposited: 11 Aug 2021 03:15
Last Modified: 11 Aug 2021 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/85380

Actions (login required)

View Item View Item