Sianturi, Leo Tiopan (2021) Perancangan Brand Identity Wisata Terintegrasi Dieng Plateau Geopark. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
08311640000086-Undergraduate_thesis_.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Dieng Plateau, atau lebih dikenal dengan Dieng atau Dataran Tinggi Dieng, merupakan daerah yang terletak di Batur Banjanegara, Jawa Tengah sebagai salah satu Dataran tinggi yang dimiliki oleh Pulau Jawa hasil dari aktifitas Vulkanik. Dataran Tinggi ini sudah digunakan oleh masyarakat sejak lama, seperti halnya masyarakat beragama Hindu membuat beberapa candi. Dari kegiatan vulkanik itu sendiri, menghasilkan berbagai bentuk wisata alam sebagai hasil dari reaksi akibat dari kegiatan vulkanik. Berbagai aktifitas tersebut menjadikan Dieng Plateau sebagai salah satu lokasi wisata yang memiliki beragam jenis wisata terkandung di dalamnya, membuat Dieng Plateau memiliki potensi besar dalam nilai jualnya. Melihat hal tersebut, pemerintah setempat mengupayakan untuk mengajukan Dieng Plateau, yang sekarang menyandang status sebagai warisan geologi, untuk dinaikan statusnya menjadi Geopark. Hal ini diangkat berdasarkan dorongan dari pemerintah untuk memberikan Dieng Plateau sistem pengolahan yang lebih baik, sesuai dengan penjelasan UNESCO mengenai pengertian tentang geopark. Dalam upaya tersebut, maka identitas brand untuk Dieng Plateau dibutuhkan untuk menetapkan value dan potensi yang dimiliki oleh Dieng Plateau itu sendiri. Dengan adanya brand dan identitas sendiri, Dieng Plateau dapat hadir ditengah masyarakat, dengan mudah dikenali, serta menggerakan operasional dan pengelolaan sesuai dengan konsep geopark yang sudah ditentukan, berdasarkan value dari brand itu sendiri dan juga sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
Metode yang akan digunakan adalah metode studi literatur mengenai perancangan dan branding untuk tempat wisata, lalu observasi mengenai kondisi taman saat ini, dan pengambilan sample dengan wawancara dan/atau questioner untuk mengambil data dari sisi pengunjung ataupun warga lokal. Setelah Metode - metode tersebut dilakukan dan data sudah didapatkan, maka data - data tersebut akan diolah menggunaakn metode Design Process untuk proses eksekusi perancangan desain akhir dari Brand dan Identitas untuk Dieng Plateau Geopark.
Tujuan dari perancangan ini adalah, untuk memperkenalkan Dieng Plateau Geopark sebagai wajah baru dari Kawasan Dataran Tinggi Dieng, yang memiliki kekayaan alam serta budaya yang terkandung didalamnya. Dengan adanya identitas brand yang terintegrasi, akan membuat brand Dieng Plateu Geopark lebih kuat sehingga tempat wisata ini dapat diperkenalkan dan dilihat oleh dunia sebagai salah satu anugrah alam dan sejarah, sehingga banyak orang yang tertarik dan datang mengunjunginya. Ouput dari perancangan ini adalah terbentuknya Brand Identity dari Dieng Plateau Geopark, yang tediri identitas primer dan sekunder, serta implementasinya terhadap media - media yang bermanfaat sebagai media pembantu mempertemukan identity terhadap audience.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Identity, Geopark, Dieng Plateau, Integrated |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.15 Branding (Marketing) |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Leo Tiopan Liberty Exarlian Sianturi |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 06:35 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 06:35 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/90993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |