Perencanaan Peningkatan Kualitas Ruas Jalan Jl. Raya Damarsi - Jl. Ir. Juanda Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Perkerasan Kaku Dengan Metode MDP Bina Marga 2017

Santosa, Muhammad Farhan Dani (2021) Perencanaan Peningkatan Kualitas Ruas Jalan Jl. Raya Damarsi - Jl. Ir. Juanda Kabupaten Sidoarjo Menggunakan Perkerasan Kaku Dengan Metode MDP Bina Marga 2017. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
10111710010108-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan jalan menjadi salah satu yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat lokal dalam hal aksesibilitas ekonomi dan sosial. Jl. Raya Damarsi – Jl. Ir. Juanda yang merupakan jalan penghubung desa Damarsi dengan desa Kwangsan mengalami kerusakan pada bagian lapisan perkerasan jalan yang ditandai dengan adanya lubang dengan kedalaman dan diameter yang bervariasi serta genangan air yang menutupi lubang dan sebagian badan jalan saat hujan, yang bisa membahayakan para pengguna jalan sebagai akibat dari luapan air saluran drainase. Dalam tugas akhir ini direncanakan peningkatan kualitas menggunakan perkerasaan kaku dengan metode MDP 2017 pada ruas jalan Jl. Raya Damarsi - Jl. Ir. Juanda Kabupaten Sidoarjo dengan beberapa tahapan perencanaan yaitu pengumpulan data-data yang dibutuhkan, mengolah data lalu lintas, perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017 dan AASTHO 1993, perencanaan sambungan, perencanaan drainase, dan rencana anggaran biaya menggunakan harga satuan pekerjaan kabupaten Sidoarjo 2020. Hasil perhitungan perencanaan peningkatan kualitas ruas jalan untuk analisa kapasitas jalan kondisi eksisting tidak memenuhi sampai umur rencana (60 tahun) dengan nilai DS = 0,78 pada tahun 2047 yang artinya melebihi batas syarat yaitu DS < 0,75. Sehingga diperlukan adanya pelebaran jalan sebesar 1 meter di setiap lajur untuk memenuhi kapasitas sampai akhir umur rencana (2060) dengan nilai DS = 0,86. Hasil perencanaan tebal perkerasaan untuk metode MDP Bina Marga 2017 sebesar 275 mm dan metode AASTHO 1993 sebesar 250 mm. Dimensi perencanaan drainase tepi menggunakan U-ditch dengan dimensi b = 50 cm; h=70 cm; L=120 cm berbentuk persegi. Total biaya yang dibutuhkan dalam perencanaan ini dengan acuan HSPK Kab. Sidoarjo 2020 dan tebal perkerasan terpilih yaitu metode MDP Bina Marga 2017 dengan tebal perkerasan 275 mm sebesar Rp. 37.755.476.336 ====================================================================================================== The growing population growth from year to year causes the road to become one that has an important role in meeting the needs of local communities in terms of economic and social accessibility. Raya Damarsi highway – Ir. Juanda highway which is a connecting road of Damarsi village with Kwangsan village suffered damage to the pavement layer of the road which is characterized by holes with varying depths and diameters and puddles that cover holes and part of the road body when it rains, which can endanger road users as a result of the overflow of drainage channel water. In this final project, it will be planned to improve the quality using rigid pavement with MDP Bina Marga 2017 method on Raya Damarsi highway – Ir. Juanda highway, Sidoarjo regency with several stages of planning, namely the collection of required data, processing traffic data, planning thick road pavement using MDP Bina Marga 2017 method and AASTHO 1993, connection planning, drainage planning, and the cost budget plans using the Sidoarjo regency work unit price 2020. The results of the calculation of planning to improve quality of the road segment for the analysis of existing condition road capacity do not meet until the age of the plan (60 years) with a value of DS = 0,78 in 2047 which means exceeding the limit of the requirement of DS < 0,75. Because of that, it’s need to widen the road by 1 meter in each lane to meet the capacity until the end of the plan life (2060) with a value of DS = 0,86. The result of the planning thickness for MDP Bina Marga 2017 method is 275 mm and for AASTHO 1993 method is 250 mm. The planning dimention of the side drainage is using U-ditch square type with b = 50 cm; h = 70 cm; L = 120 cm dimention. The total cost that needed in road quality improvement planning using rigid pavement with MDP Bina Marga 2017 method on Raya Damarsi highway – Ir. Juanda highway Sidoarjo Regency with HSPK Sidoarjo Regency 2020 as reference and the selected thickness pavement method which MDP Bina Marga 2017 with 275 mm thick is Rp. 37.755.476.336

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Jalan Perkotaan, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan, Metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017, Metode AASHTO 1993, Urban Road Planning, Rigid Pavement, Pavement Thickness, MDP Bina Marga 2017 method, AASHTO 1993 method
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: M. Farhan Dani Santosa
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:54
Last Modified: 01 Sep 2021 02:54
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/91035

Actions (login required)

View Item View Item