Rancang Bangun Media Evaluasi Berbasis Gim Untuk Mengukur Kompetensi Siswa Pada Topik Geometri Sekolah Dasar Menggunakan Ren'Py

Nainggolan, Shella Agustio (2022) Rancang Bangun Media Evaluasi Berbasis Gim Untuk Mengukur Kompetensi Siswa Pada Topik Geometri Sekolah Dasar Menggunakan Ren'Py. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111740000107-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111740000107-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terlepas dari pentingnya Matematika dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak siswa Sekolah Dasar yang tidak menyukai dan merasa kesulitan memahami materi dan soal Matematika. Rasa tidak suka tersebut berdampak negatif terhadap menurunnya semangat dan motivasi belajar, sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan nilai dan performa akademis. Salah satu cara membantu siswa dalam menikmati pelajaran Matematika adalah dengan penerapan game-based learning dan pembelajaran secara adaptif. Dari berbagai topik Matematika yang dipelajari di Sekolah Dasar, pada penelitian ini dipilih topik Geometri Matematika, sebab siswa pada umumnya cenderung memiliki pemahaman yang lebih rendah terhadap penerapan topik tersebut dibandingkan dengan topik lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media pembelajaran yang menyenangkan, edukatif, dan adaptif untuk mendukung proses pembelajaran siswa pada topik Geometri Matematika Sekolah Dasar. Siswa dapat mempelajari materi, kemudian akan diberi beberapa pertanyaan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman mereka, dan kemudian akan diberikan soal-soal yang tingkat kesulitannya sudah sesuai dengan kemampuan siswa. Implementasi game ini menggunakan Ren'Py, dan perancangan materi serta soal yang diberikan dikonsultasikan kepada guru SD Muhammadiyah 26 Surabaya.
Hasil dari perancangan ini adalah sebuah game edukasi yang mampu mengajarkan materi Geometri Matematika secara menyenangkan, dapat mengukur tingkat pemahaman siswa, dan mampu menyajikan soal-soal yang sesuai dengan kemampuan siswa Sekolah Dasar. Pengujian dan evaluasi dilakukan dalam bentuk penyebaran kuesioner, dan hasilnya menunjukkan bahwa perancangan game ini telah terbukti dapat menyampaikan ketiga fitur dan tujuan utama (menyenangkan, edukatif, dan adaptif) dengan baik.
=====================================================================================================
Despite the importance of Mathematics in everyday life, a
great number of Elementary Schools students still tend to dislike
and find it difficult to understand Mathematics. This dislike results
in decreasing enthusiasm and motivation to learn, which in turn
affects their academic performance negatively and lead them to
perform poorly in Math-related problems. One of the many options
to help students enjoy learning Mathematics is to apply game�based learning and adaptive learning. Of the various Mathematics
subjects taught in Elementary Schools, students are found to have
a lower understanding of Geometry in general compared to other
subjects, which is why Geometry is chosen to be the topic of this
study.
This study aims to design a fun, educative, and adaptive
learning media to support the learning process of Elementary
School Geometry. Students will be able to study the subject matter,
and then answer several questions related to their level of
understanding about the subject matter. The system will then
present questions which difficulties are adapted to the students'
competence. This game is implemented with Ren'Py, while the
planning and design of the Geometry lessons and questions are
consulted with Math teachers in Muhammadiyah 26 Elementary
School in Surabaya.
The result of this study is an educational game able to teach
Geometry in a fun, engaging way, capable of measuring students'
level of understanding about a subject, and also could present
questions adapted to the students' competence. Testing and
evaluation were done with questionnaires, and the result shows
that the implementation of this game has proven to be accurate in
making an engaging, educative, and adaptive educational game.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Adaptif, Game Edukasi, Geometri Matematika, Ren'Py, Sekolah Dasar, Adaptive, Educational Games, Elementary School, Geometry, Ren'Py
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Shella Agustio Nainggolan
Date Deposited: 16 Feb 2022 14:26
Last Modified: 01 Nov 2022 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/94417

Actions (login required)

View Item View Item