Perancangan Kampanye Sosial Gaya Hidup Minimalis Dalam Dunia Kecantikan Sebagai Upaya Mengurangi Budaya Konsumtif Remaja Indonesia

Tsabita, Zenia (2023) Perancangan Kampanye Sosial Gaya Hidup Minimalis Dalam Dunia Kecantikan Sebagai Upaya Mengurangi Budaya Konsumtif Remaja Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511940000003-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511940000003-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 October 2025.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Produk kecantikan sudah menjadi aspek penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya di kalangan remaja perempuan. Perkembangan zaman memungkinkan produk-produk kecantikan untuk memberikan inovasi baik dari segi kandungan maupun segi kemasan. Hal ini meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap produk kecantikan itu sendiri, yang mengakibatkan permintaan atas produksi produk semakin tinggi. Banyak konsumen yang menggunakan produk kecantikannya secara tidak maksimal atau tidak sampai habis karena sudah membeli produk yang baru. Hal ini memicu budaya konsumtif dalam pembelian produk kecantikan. Gaya hidup yang konsumtif ini memberikan dampak negatif terhadap diri sendiri maupun lingkungan. Dampak buruk kepada diri sendiri adalah pengeluaran semakin tinggi, ruang penyimpanan yang semakin sempit, mempengaruhi kondisi tingkat stress dan mental. Sedangkan dampak budaya konsumtif pada lingkungan dapat dilihat limbah-limbah yang dihasilkan dari sampah produk kecantikan yang semakin banyak. Gaya hidup minimalis dapat menjadi suatu solusi untuk masalah ini, menggunakan produk yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.
Perancangan kampanye ini menggunakan beberapa metode penelitian. Studi literatur mengenai topik industri Sampah Kosmetik, minimalis, dan kampanye, melakukan depth interview kepada stakeholder perancangan, studi eksisting, studi komparator terhadap kampanye sejenis, pengambilan sampel dan penggalian data melalui kuesioner, melakukan focus group discussion (FGD) dan perancangan konsep desain dengan studi eksperimental.
Tujuan dari perancangan kampanye ini adalah sebagai sumber informasi untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya mempraktikkan gaya hidup minimalis pada dunia kecantikan sehingga dapat bermanfaat bagi sekitar dan meninggalkan kerugian seminimal mungkin bagi segala aspek yang terdampak. Selain itu, melalui perancangan ini diharapkan dapat memberikan edukasi, wawasan baru, dan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat bekerja sama demi mengolah dan mengonsumsi produk kecantikan ke arah yang lebih baik. Implementasi media yang digunakan pada kampanye ini antara lain adalah video Iklan Layanan Masyarakat, media sosial, website, poster, dan ambient media.
============================================================================================================================
Beauty products have become an important aspect of Indonesian society, especially among young girls. The development of the times allows beauty products to provide innovation both in terms of content and in terms of packaging. This increases public interest in the beauty product itself, which results in higher demand for product production. Many consumers use their beauty products not optimally or don't finish them because they have bought new products. This triggers a consumptive culture in purchasing beauty products. This consumptive lifestyle has a negative impact on oneself and the environment. The bad impact on oneself is higher expenditure, narrower storage space, affecting stress and mental conditions. Meanwhile, the impact of consumptive culture on the environment can be seen from the increasing amount of waste generated from beauty product waste. A minimalist lifestyle can be a solution to this problem, using the products we need, not what we want.
The design of this campaign uses several research methods. Literature study on the topic of the Cosmetic Waste industry, minimalis, and campaigns, conducting in-depth interviews with design stakeholders, existing studies, comparator studies on similar campaigns, sampling and extracting data through questionnaires, conducting focus group discussions (FGD) and designing design concepts with experimental studies.
The purpose of designing this campaign is as a source of information to raise awareness to the public about the importance of practicing a minimalist lifestyle in the world of beauty so that it can benefit the environment and leave minimal losses for all affected aspects. In addition, through this design, it is hoped that it can provide education, new insights, and knowledge to the Indonesian people to be able to work together to process and consume beauty products in a better direction. The implementation of the media used in this campaign include Public Service Advertising videos, social media, websites, posters, and ambient media.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Consumptive Culture, Minimalis, Beauty World, Campaign, Budaya Konsumtif, Minimalis, Dunia Kecantikan, Kampanye
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.155 Product life cycle.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ2042 life style
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zenia Tsabita
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:44
Last Modified: 28 Jul 2023 02:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100662

Actions (login required)

View Item View Item