Analisis Hubungan Antara Kepuasan Mahasiswa Dengan Kualitas Layanan SI / TI Pada Formulir Rencana Studi (FRS) Online (Studi Kasus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya)

Kurniawan, Wawan (2014) Analisis Hubungan Antara Kepuasan Mahasiswa Dengan Kualitas Layanan SI / TI Pada Formulir Rencana Studi (FRS) Online (Studi Kasus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya). Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5209100080_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5209100080_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB)

Abstract

FRS Online merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pengambilan mata kuliah tiap semesternya.Pelayanan merupakan sebuah yang sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pengguna.Terutama pelayanan TI.Untuk itu, pengelola FRS online sudah seharusnya memberikan pelayanan TI yang terbaik terhadap penggunanya termasuk mahasiswa.Pelayanan yang berkualitas adalah pelayanan yang mampu memenuhi ekspektasi penggunanya.Menurut Delone dan McLean, kepuasan pengguna didasarkan atas 3 faktor dan kualitas pelayanan merupakan salah satunya.Sedangkan kualitas pelayanan ditentukan oleh 5 faktor yaitu tangibles, reliability, responsive, assurance, dan emphaty.Namun saat diimplementasikan, pelayanan pengelola FRS online masih memiliki banyak kekurangan seperti lambat dalam merespon keluhan pengguna, kurangnya kehandalan dalam melakukan perawatan terhadap harddisk yang menyebabkan FRS online tidak bisa diakses, dan lain-lain.Untuk itu diperlukan penelitian untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap layanan SI/TI. Hal inilah yang mendorong penulis untuk menganalisis kualitas layanan SI/TI pada FRS online terhadap kepuasan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan sample acak dari sejumlah mahasiswa ITS yang kemudian mengisi kuisioner yang telah dibuat. Setelah itu dilakukan pengolahan data menggunakan SPSS dengan menggunakan fungsi analisis korelasi untuk pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian ini nantinya berupa rekomendasi- rekomendasi perbaikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan FRS online itu sendiri dan memberikan kepuasan terhadap mahasiswa sebagai penggunanya.
=============================================================================================================================
FRS online is a system that have a function to make student easily when they take a study each semester. Service is a very important to increase student satisfication. Especially IT service. For that, administrator of FRS online must give a good service to user. A good service is a service that answer the expectation of user. Delone says, there are 3 factors of user satisfication and service quality is one of them. There are 5 factors of service quality , that is tangible, reability, responsive, assurance, and emphaty. But, in the implementation that admin of FRS online still have much lack like slow to response about complain, not reliable when maintenance about harddisk, etc. For that, we need research to count user satisfication about FRS online. This case make writter to analysis user satisfication towards IS/IT's service quality in form study plan (FRS) online. The method is random sample from ITS student that fill a questionaire. After that, writter will process the data using SPSS with factor analysis and correlation of hipotesis. Result of this research is recomendations to improve service quality of FRS online and give satisfication to student.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 658.834 3 Kur a
Uncontrolled Keywords: FRS Online, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa,
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 09 Nov 2023 09:02
Last Modified: 09 Nov 2023 09:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105108

Actions (login required)

View Item View Item