Prediksi Market Share Berdasarkan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sepeda Motor Dengan Pendekatan Metode Return On Quality ( Roq) (Studi Kasus Sepeda Motor Merek Y)

Setiawan, Hasyim (2006) Prediksi Market Share Berdasarkan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sepeda Motor Dengan Pendekatan Metode Return On Quality ( Roq) (Studi Kasus Sepeda Motor Merek Y). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2502100039-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2502100039-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Retensi merupakan tolak ukur untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen terhadap suatu merek atau produk. Konsumen yang merasa puas akan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap sebuah merek atau produk. Meningkatkan kepuasan konsumen akan meningkatkan retensi yang berdampak pada peningkatan market share. Atas dasar teori tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen sehingga dapat meningkatkan market share. Penelitan ini dilakukan terhadap konsumen sepeda motor merek Y di wilayah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Return On Quality untuk mengukur tingkat retensi dan market share. Konsumen sepeda motor merek Y yang puas dan sangat puas akan memiliki loyalitas terhadap merek tersebut. Konsumen yang loyal terhadap merek tersebut dapat diaplikasikan dengan melakukan pembelian lagi yang memiliki probabilitas sebesar 43,8% dan probabilitas untuk merekomendasikan ke orang lain sebesar 30,57%. Berdasarkan pada analisa diketahui bahwa tingkat retensi dari konsumen sepeda motor merek Y adalah sebesar 60,57%. Dengan tingkat retensi sebesar itu maka market share pada tahun 2006 diprediksikan mencapai 24,12%.
===================================================================================================================================
Retention is a benchmark for determining the level of consumer loyalty to a brand or product. Consumers who are satisfied will have high loyalty to a brand or product. Increasing consumer satisfaction will increase retention which will have an impact on increasing market share. On the basis of this theory, researchers want to know the level of consumer satisfaction and loyalty so that they can increase market share. This research was conducted on consumers of brand Y motorbikes in the Surabaya area. This research uses the Return On Quality method approach to measure retention levels and market share. Satisfied and very satisfied consumers of brand Y motorbikes will have loyalty to that brand. Consumers who are loyal to this brand can be applied by making another purchase which has a probability of 43.8% and a probability of recommending it to others of 30.57%. Based on the analysis, it is known that the retention rate for brand Y motorbike consumers is 60.57%. With a retention rate of that size, the market share in 2006 is predicted to reach 24.12%

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSI 658.812 Sep p-1 2006
Uncontrolled Keywords: Retensi, market share, kepuasan, Return On Quality; Retention, market share, satisfaction, Return On Quality
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:46
Last Modified: 19 Jan 2024 02:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105567

Actions (login required)

View Item View Item